Efektivitas Pesan Even di Novotel Samator Surabaya Timur Pada Followers @novotel_samator

Joshua Jayaa(1*), Ido Prijana Hadi(2), Astri Yogatama(3),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Novotel Samator Surabaya Timur merupakan satu-satunya hotel berbintang empat yang berada di Kawasan Surabaya Timur. Hotel Novotel Samator seringkali memberikan konsep event yang menarik dengan harga lebih terjangkau dibandingkan kompetitor hotel bintang empat lainnya yang ada di Kota Surabaya. Tidak hanya soal harga, tetapi dalam 6 bulan terakhir (Januari-Juni), Novotel Samator sudah menggelar total 8 event. Fakta tersebut menunjukkan bahwa memang Novotel Samator menjadi salah satu hotel yang berfokus di bagian event jika dibandingkan hotel kompetitornya yang hanya menggelar 4-5 event dalam 6 bulan terakhir. Seluruh event yang diadakan oleh Novotel Samator Surabaya Timur sendiri selalu dipublikasikan melalui media sosial Instagram @novotel_samator. Meskipun Instagram @novotel_samator masih terbilang baru dan followers-nya belum sebanyak hotel bintang 4 lain di Surabaya, tetapi engagement yang didapatkan dari setiap postingan masih cukup tinggi. Namun realitanya, beberapa event yang diadakan oleh Novotel Samator terkadang masih terbilang sedikit jumlah orang yang melakukan reservasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pesan event di Novotel Samator Surabaya Timur pada followers @novotel_samator. Pengukuran efektivitas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan indikator AISDALSL (Attention, Interest, Search, Desire, Action, Like/Dislike, Share, Love/Hate). Data dikumpulkan dengan metode penyebaran kuesioner secara online kepada 100 responden melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat dikatakan bahwa pesan event di Novotel Samator pada followers @novotel_samator efektif. Dari delapan indikator, tahap attention mendapatkan nilai mean tertinggi. Hal tersebut mengartikan bahwa responden memiliki atensi paling tinggi terhadap pesan event di Novotel Samator melalui Instagram @novotel_samator sehingga hal tersebut yang melandasi terbentuknya efektifitas pesan event bahkan sampai munculnya brand loyalty yang menjadi keuntungan jangka panjang nantinya.


Keywords


efektivitas pesan event, media sosial, marketing communication, hierarchy of effect, AISDALSL, novotel samator surabaya timur

Full Text:

PDF

References


Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh media sosial instagram terhadap gaya hidup dan etika remaja: Jurnal Tenologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 130. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/461/316 .

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori, dan filsafat komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.

Effendy, O. U. (2008). Dinamika komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Hermawan, H., Brahmanto, E., Hamzah, F. (2018). Pengantar manajemen hospitality. PT Nasya Expanding Manajemen.

Komar, R. (2006). Hotel management. PT Gramedia Widiasarana.

Khrishanato, R., & Adriyansah, M. A. (2021). Pengaruh intensitas penggunaan media sosial instagram dan konformitas terhadap perilaku konsumtif di kalangan generasi z. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 323-336.

Mulyana, D. (2017). Ilmu komunikasi suatu pengantar. PT Remaja Rosdakarya.

Noor, A. (2009). Manajemen event. Alfabeta.

Ruchi, G. (2012). Advertising principles and practice. S.Chand & Company PVT. LTD.

Salim, D. (2003). Manajemen pemasaran, Linda Karya.

Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi komunikasi pemasaran menggunakan Teknik integrated marketing communication (IMC). Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kombinasi (mix methods). Alfabeta.

Syabrina, R. A. N. (2017). Efektivitas dan efisiensi komunikasi pada penyelenggaraan festival damar kurung Gresik tahun 2017. https://repository.unair.ac.id/70857/3/JURNAL_TSK.06%2018%20Sya%20e.pdf .

Tjahyadi, S., & Antonio, W. (2023). Analisa pengaruh desain grafis pada konten media sosial terhadap daya tarik pengguna dari generasi z di kota batam. Journal of Education, 5(3), 9523-9539.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen komunikasi pemasaran terpadu. FEB-UP Press.

Wijaya, B. S. (2012). The development of hierarchy of effect model in advertising. International

Research Journal of Business Studies, 5(1), 73-85.

Zolkepli, I. A., & Kamarulzaman,Y. (2015). Social media adoption: the role of media needs and

innovation characteristics. Computers in Human Behavior, 43, 189-209.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI