PERAN PENYIAR GOOD MORNING HARD ROCKERS DI HARD ROCK FM SURABAYA DALAM MENJARING PENDENGAR

Danny Suhartono(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Hard Rock FM Surabaya memiliki program unggulan yaitu Good Morning Hard Rockers yang pada tahun 2012 mengalami penurunan rating dan jumlah pendengar. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana peran penyiar Good Morning Hard Rockers dalam menjaring pendengarnya. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyiar Good Morning Hard Rockers yaitu Angga Prameswara dan Citra Permata. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan dan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kalau penyiar Good Morning Hard Rockers sudah melakukan peran penyiar seperti melibatkan pendengar dalam acara (interaktif), ekspresif dalam siarannya, dan melakukan siaran dari sudut pandang pendengar. Namun penyiar tidak dilibatkan dalam perencanaan program sehingga terjadi beberapa kesalahan on air yang membuat Good Morning Hard Rockers belum berjalan optimal. Penelitian ini juga menemukan bahwa pakaian berpengaruh dalam media auditif.


Keywords


Peran Penyiar, Hard Rock FM, Menjaring Pendengar.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E & Erdinaya, L. (2005). Komunikasi massa: Suatu pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five tradition. London: Sage Publication.

Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi: metode penelitian komunikasi : Konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Bandung: Widya Padjadjaran

Prayudha, H. (2004). Radio suatu pengantar untuk wacana dan praktik. Malang: Bayu Media Publishing.

Staples, J. (1998). Call-in talk radio: A uses and gratifications study of listeners, non listeners, and callers. Delaware: Faculty of the University of Delaware.

Yulia, W. (2010). Andai aku penyiar. Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI