Star Studies: Hwasa

Agatha Tiffany Manuhutu(1*), Fanny Lesmana(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui image atau citra apa yang Hwasa intrepretasikan dalam media. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode star studies oleh Richard Dyer, peneliti menemukan image Hwasa sebagai star tidak hanya terikat pada satu image saja dimana Hwasa menampilkan image seksi yang Hwasa konstruksikan sebagai Hwasa di media. Peneliti juga menemukan bahwa citra seorang bintang tidaklah selalu unik, bisa juga biasa. Hwasa banyak menampilkan citra dirinya dan tidak terfokus pada satu citra saja. Hwasa membentuk citra dimana sebagian besar memfokuskan pada standar kecantikan. Hwasa menjadi sumber inspirasi bagi orang sekitarnya dengan standar kecantikan barunya. Seluruh hasil ini diperoleh dari hasil menggali data yang ditemukan dari berbagai sumber media yang hasilnya dapat terbagi menjadi beberapa kategori unsur pengidentifikasian citra yaitu visual, verbal dan nonverbal.


Keywords


Star studies, Star image, Hwasa

Full Text:

PDF

References


McDonald, P. (2000). The star system: hollywood's production of popularidentities. London: Wallflower Publishing Limited.

Mills, J. S., Shannon, A., & Hogue, J. (2017). Beauty, Body Image, and the Media. Toronto: IntechOpen.

Oscar, E. (2019, 10 8). Asian beauty standards are more than (white) skin deep. Didapatkan dari The Occidental: https://www.theoccidentalnews.com/opinions/2019/10/08/asian-beauty- standards-are-more-than-white-skin-deep/2898785

Stokes, J. (2003). How to do media and cultural studies. London: SAGEPublication Ltd. Streng, C. A. (2018). Riding The Wave: How The Media Shapes South Korean Concepts Of Beauty.

Tusadiah, H. (2020, 1 27). Ini Lho 5 Macam Idol KPop, Kamu Sudah Tahu Belum? Didapatkan dari IDN Times: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/halimah-tusadiah-1/jenis- idol-kpop-c1c2/5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI