Efektivitas Penggunaan Alan Walker Sebagai Celebrity Endorser PUBG Mobile Season 6

Michelle Sunartio(1*), Felicia Goenawan(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Celebrity endorser merupakan artis atau aktor, atlet, entertainer yang terkenal atau dikenal secara luas oleh masyarakat melalui kesuksesannya untuk memperkenalkan dan mendukung produk atau jasa yang diiklankan atau dipromosikan. Penelitian ini menggunakan indikator khusus yang digunakan untuk menentukan efektivitas dari celebrity endorser yaitu TEARS (Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect dan Similarity). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Alan Walker sebagai celebrity endorser PUBG Mobile season 6 yaitu efektif. Hal ini dilihat dari nilai mean setiap pernyataan indikator TEARS yang berada dalam rentang 3 ≤ x ≤ 5. Hasil dari setiap indikator TEARS juga menunjukkan bahwa indikator attractiveness mengenai daya tarik fisik dari Alan Walker mendapatkan nilai tertinggi.


Keywords


Celebrity Endorser, TEARS, PUBG Mobile season 6, Alan Walker

Full Text:

PDF

References


Aini, M. (2020). Efektivitas Selebriti dalam Menarik Minat Konsumen pada Iklan Shopee. Retrieved October 20, 2021, from Thesis Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari Banjarmasin

Ahmad, R (2017). Pengaruh Celebrity Endorser dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian melalui Brand Image pada Men’s Biore di Bandar Lampung. Retrieved December 16, 2021, from Thesis Universitas IBI Darmajaya Bandar Lampung.

Anas, A. dan Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Retrieved October 20, 2021, from Thesis Universitas Negeri Surabaya

Ashari, R. (2020). Aktivitas Komunikasi Pemasaran pada Usaha Kuliner Berbasis Kopi(Studi pada CV. Brewok Group). Retrieved December 17, 2021, from Thesis Universitas Muhammadiyah Malang.

Bellanandra, R. (2016). Proses Pengolahan Pesan Persuasi dan Efek Perubahan Sikap pada Konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta. Retrieved December 15, 2021, from Thesis Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Brilio.net (2018). 5 Alasan Musik EDM Bikin Generasi Kekinian Indonesia Tergila-Gila. Retrieved December 16, 2021, from https://www.brilio.net/creator/5-alasan-musik-edm-disukai-anak-muda-indonesia- 032268.html

Bps.go.id (2020). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2020. Retrieved August 3, 2021, from https://www.bps.go.id/indikator/indikator/view_data_pub/0000/api_pub/YW40a2 1pdTU1cnJxOGt6dm43ZEdoZz09/da_03/1

Dbasia.club (2019). DJ Alan Walker | Beat Simple Penguasa Dunia. Retrieved November 29, 2021, from https://dbasia.club/dj-alan-walker-beat-simple-penguasa-dunia-2/

Devina, M. (2021). Efektivitas penggunaan Bangtan Sonyeondan (BTS) sebagai celebrity endorser Samsung Galaxy S20+ BTS edition pada ARMY Indonesia. Retrieved October 20, 2021, from Thesis Universitas Kristen Petra

Hastian, F. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Kepercayaan Merek Melalui Citra Merek pada Smartphone OPPO di Bandar Lampung. Retrieved December 17, 2021, from Thesis IBI Darmajaya Bandar Lampung.

Jawapos.com (2019). Soal Pembatasan Konten PUBG, IeSPA Sebut Sudah Diatur. Retrieved August 4, 2021, from https://www.jawapos.com/sports/all-sports/27/03/2019/soal-pembatasan-konten-p ubg-iespa-sebut-sudah-diatur/

Marina, D. (2015). Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Suatu Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Bandung). Retrieved December 17, 2021, from Thesis universitas Pasundan Bandung.

Strategidanbisnis.com (2017). Perkembangan Musik EDM di Kalangan Anak Muda. Retrieved December 16, 2021, from https://strategidanbisnis.com/artikel/6886/perkembangan-musik-e

Tek.id (2018). Jumlah Gamer di Indonesia Capai 100 Juta di 2020. Retrieved August 4, 2021, from https://www.tek.id/insight/jumlah-gamer-di-indonesia-capai-100-juta-di-2020-b1 U7v9c4A

Tribunnewswiki.com (2019). Alan Walker. Retrieved August 5, 2021, from https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/11/alan-walker

Tumoutounews.com (2019). Data Update, Jumlah Penduduk Indonesia dan Dunia Tahun 2019. Retrieved August 29, 2021, from https://tumoutounews.com/2019/01/27/data-update-jumlah-penduduk-indonesia-dan-dunia-tahun-2019/

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Gramedia Widasarana Indonesia

Yumna, S. (2018). Pengaruh Iklan Televisi dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Sunlight (Pada Ibu Rumah Tangga di Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara). Retrieved December 16, 2021, from Thesis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Yunita, N. (2017). Pengaruh Beauty Vlogger sebagai Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli Dengan Asosiasi Merek sebagai Intervening Variable. Retrieved December 14, 2021, from Thesis Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI