Pengaruh Terpaan Iklan Radio terhadap Pengambilan Keputusan Masyarakat Kota Tomohon dalam Berbelanja di Grand Central Supermarket & Dept. Store
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Suatu perusahaan perlu berkomunikasi dengan khalayaknya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain, serta untuk mempertahankan pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui kegiatan beriklan. Iklan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan informasi terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Grand Central Supermarket & Dept. Store adalah salah satu perusahaan di Tomohon yang melakukan kegiatan beriklan ini melalui medium komunikasi radio. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan iklan dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari terpaan iklan radionya terhadap pengambilan keputusan masyarakat kota Tomohon dalam berbelanja di Grand Central Supermarket & Dept. Store. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode e-survey (google form). Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari terpaan iklan radio terhadap pengambilan keputusan masyarakat kota Tomohon dalam berbelanja di Grand Central Supermarket & Dept. Store.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A., Batra, R., & Myers, J. G. (2009). Advertising Management. 5th Edition. New Delhi: Pearson.
BPS. (2019). Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kota Tomohon. Retrieved from https://tomohonkota.bps.go.id/statictable/2019/01/11/336/jumlah- penduduk-menurut-kelompok-umur-dan-jenis-kelamin-di-kota-tomohon-2017-.html
Effendy, O. U. (1990). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. USA: Pearson Prentice Hall.
Machfoedz, M. (2013). Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Pemasaran YPKPN, Yogyakarta.
Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising: Principles and Practice. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Morissan, M. A. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. INDEK
Setiana, K. (2012). Pola Komunikasi Penyiar Kids Radio: Studi Kualitatif dengan Pendekatan Etnografi Komunikasi Penyiar di 99,2 FM Kids Radio Bandung. Universitas Islam Bandung
Shimp, T. (2007). Periklanan Promosi (Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu). Jakarta: Erlangga.
Soemanagara, R. D. (2008). Marketing Communication. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI