Analisis Isi Brand Personality dalam Inbound Marketing Outclass Indonesia di Instagram

Ariel Moses Kurniawan(1*), Astri Yogatama(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada masa pandemi, indonesia menghadapi tantangan, khususnya dibidang pendidikan. Bersamaan dengan berkembangnya teknologi dan pengetahuan, pendidikan saat ini bukan hanya disekolah namun dimana saja. Oleh karena itu, mulai banyak bermunculan penyedia aplikasi pendidikan untuk mendukung pembelajaran digital di Indonesia. Outclass adalah salah satu startup Indonesia yang menjadi pelaku dalam bisnis ini. Salah satu upaya Outclass dalam memperkenalkan diri mereka adalah dengan strategi inbound marketing. Sebagai salah satu strategi, Outclass juga memperkenalkan kepribadian merek dalam unggahannya di Instagram.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif menggunakan uji reliabilitas antar coder yang dijabarkan secara deskriptif. Mengenai tema atau topik dari data yang dikumpulkan oleh peneliti melalui unggahan feed di instagram Outclass Indonesia. Peneliti menemukan bahwa elemen Sincerity merupakan brand personality yang paling menonjol dari setiap unggahan diikuti oleh honest, competence, ruggedness dan terakhir sophistication.


Keywords


Brand personality, strategi marketing, brand communication, instagram, startup pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aaker, J. L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal of Marketing Research, XXXIV. Annur, C. M. (2020). Sektor Pendidikan Digital Raup Keuntungan terbesar di Era Pandemi. 12 Desember. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/12/sektor-pendidikan-digital-

raup-keuntungan-terbesar-di-era-pandemi#

Halligan, B., & Shah, D. (2010). Inbound Marketing Get Found Using Google, Social Media, and

Blogs. John Wiley & Sons, Inc.

Kayode, O. (2014). Marketing Communications. In E-Book. Bookboon.

http://hdl.handle.net/11189/7063

Keller, K. L., & Richey, K. (2017). The Importance of Corporate Brand Personality Traits to a

Successful 21st Century Business. 14(2006), 74–81.

Napier, R., & McDaniel, R. (2008). Measuring What Matters: Simplified Tools for Aligning Teams and Their Stakeholders. In Quality Management Journal (Vol. 15, Issue 4). Davies- Black Publishing. https://doi.org/10.1080/10686967.2008.11918205

OutClass. (2020). Belajar Mengajar Tanpa Batas. https://www.outclass.co.id/

White, D. (2020). Best Marketing Communication Tools to Boost Your Business. 13 July.

https://www.techfunnel.com/martech/essential-marketing-communication-tools-good-

marketing-campaign/

Zlatko Bezovski. (2015). Inbound Marketing - a New Concept in Digital Business. SELTH 2015 -

International Scientific Conference of the Romanian-German University of Sibiu, November 2015, 26–34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI