Tingkat Pengetahuan Masyarakat Surabaya Mengenai Pesan Kampanye Grab Pada Fitur Grab Protect

Axl Jevison(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Grab sebagai perusahan penyedia transportasi umum online, meluncurkan fitur Grab Protect sebagai jawaban dari keresahan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai pesan kampanye Grab pada fitur Grab Protect. Penelitian ini mengacu pada teori komunikasi pesan kampanye dan tingkat pengetahuan. Penelitian ini menggunakan survei online dengan menggunakan skala Guttman. Hasil dari penelitian ini, tingkat pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai pesan kampanye Grab pada fitur Grab Protect tergolong tinggi.


Keywords


tingkat pengetahuan, pesan kampanye, Grab, mobile apps

Full Text:

PDF

References


Andreti Abdilah, L (2021) Metode Penelitian dan Analisis Data Comprehensive. . (n.p.): Penerbit Insania.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astutik, Y. (2020, March 17). 21,7 Juta MASYARAKAT indonesia Pakai Transportasi Online. Retrieved March 8, 2021, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200317150135-37- 145529/217-juta-masyarakat-indonesia-pakai-transportasi-online

Boulding, W.A. Klra. R. Staelin, dan V.A. Zeithaml (1993, February), A dynamic process model of service quality: from Expectations to Behavioral Intentions, Journal of Marketing Research,29,2-27

Brusse C, Gardner K, McAullay D, Dowden M

Social Media and Mobile Apps for Health Promotion in Australian Indigenous Populations: Scoping Review J Med Internet Res 2014;16(12):e280

Carter, David. E. 2005. Logo Redesigned: How 200 Companies Successfully Changed Their Image. New York: Harper Collins.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (1985). Effective public relations. Englewood Cliffs, N.J: Prentice-Hall.

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana (2007), Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek), Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Engel, James F., dkk. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi ke-6. Jakarta Barat: Binarupa Aksara

Grab indonesia - program Grab Protect untuk mitra dan penumpang. (2020, June 08). Retrieved February 03, 2021, from https://www.grab.com/id/en/blog/driver/program-Grab Protect-untuk- mitra-dan-penumpang/

Grab indonesia-Sambut ‘New Normal’, Grab Berinovasi Berikan Standar Kebersihan Terbaik Bagi Para Pelanggan. (2020, June 02). Retrieved February 15, 2021, from https://www.grab.com/id/en/press/tech-product/sambut-new-normal-grab-berinovasi- berikan-standar-kebersihan-terbaik-bagi-para-pelanggan/

Gregory, A. (2001). Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations.

Hardiman, Ima. (2006). 400 Istilah PR Media dan Periklanan. Jakarta: Gagasan Ulang Publisher.

Hasan, Ali. (2013). Marketing dan kasus-kasus pilihan. Yogyakarta : Center of Academic Publishing Service.

Jefkins, F. (1995). Public Relations. Jakarta : Erlangga

Kemenkes. (n.d.). Retrieved February 15, 2021, from https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/FAQ-Coronavirus.html

Liputan6.com. (2020, November 24). Ada psbb, PENDAPATAN Transportasi ONLINE DI 2020 Turun 68 persen. Retrieved February 15, 2021, from https://www.liputan6.com/bisnis/read/4416562/ada-psbb-pendapatan-transportasi-online- di-2020-turun-68-persen

McQuail, Dennis and Sven Windahl. 1993. Communication Models: For The Study of Mass Communication. 2 nd Edition. New York: Longman Inc.

Nazir, M. (2009). Metode penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia

Novika, S. (n.d.) (2020). Bisnis Transportasi Online Kena Imbas Corona,Datanyahttps://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4959541/bisnis- transportasi-online-kena-imbas-corona-ini-datanya (di akses 31 Januari)

Ristino, Robert J. (2008) "Communicating with external publics: Managing public opinion and behavior." Health marketing quarterly 24.3-4: 55-80.

Rogers, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication campaigns. In C. R. Berger & S. H. Chaffee (Eds.), Handbook of communication science (p. 817–846). Sage Publications, Inc.

Romli, Khomsahrial. (2016). Komunikasi Massa. Jakarta. Grasindo.

Rudy, T. May. 2005. Komunikasi & Hubungan Masyarakat Internasional, Bandung: Refika Aditama.

Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Schenk, Michael, and Thomas Döbler. "Towards a theory of campaigns: The role of opinion leaders." Public information campaigns & opinion research: A handbook for the student & practitioner (2002)

Singarimbun, Masridan Sofian Effendi. (2008).MetodePenelitianSurvei, Jakarta, Indonesia: LP3ES. Soemirat, Soleh. (2007) "Ardianto, Dasar-dasar Public Relations.".

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Bandung, Indonesia : CV Alfabeta.

Survei: Kontribusi grab Ke Ekonomi INDONESIA MENCAPAI rp 77 Triliun. (2020, June 25). Retrieved March 8, 2021, from https://www.merdeka.com/uang/survei-kontribusi-grab- ke-ekonomi-indonesia-mencapai-rp-77-triliun.html

Venus, Antar. (2009). Manajemen Kampanye: Panduan Teoretis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi . Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Wilcox, Dennis & Ault, P. & Agee, W. & Cameron, Glen. (2009). Public Relations: Strategies and Tactics.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI