Projected Identity Kedai Jokopi Melalui Akun Instagram @Jo.ko.pi

Erika Ivana Mende(1*), Astri Yogatama(2), Lady Joanne Tjahyana(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Projected identity tumbuh dari corporate identity, sebagai presentasi diri perusahaan melalui komunikasi. Projected Identity sebagai bagian dari corporate identity diharapkan kelak akan menciptakan citra dan kemudian reputasi positif bagi korporat. Projected Identity yang ingin diproyeksikan oleh Jokopi yaitu melalui media sosial Instagram. Dalam Instagram, unggahan- unggahan dari Jokopi sendiri berisi nilai-nilai yang mengandung aspek sosial seperti CSR, unggahan mengenai warga bercerita, soft selling, dan juga hari-hari raya atau hari-hari besar. Menetapkan projected identity yang konsisten merupakan hal yang penting bagi perusahaan, karena hal tersebut yang membedakan suatu perusahaan dengan yang lain dan bagaimana identitas tersebut diproyeksikan. Metode penelitian ini menggunakan analisis isi. Tujuannya untuk mengetahui indikator projected identity melalui unggahan akun instagram @Jo.ko.pi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengkoding 166 unggahan pada akun instagram @Jo.ko.pi. Unggahan yang diteliti berupa post dan video dengan caption yang memuat pesan verbal. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa indikator projected identity banyak menonjolkan indikator authenticity dengan sub-indikator identitas organisasi dan korporat dapat dipercaya.


Keywords


Projected Identity, Reputasi,Media Sosial, Instagram, Identitas

Full Text:

PDF

References


Balmer, J. M. (2002). Managing the Multiple Identities of the Corporation. California Management Review.

Bernays, E. L. (1955). The engineering of consent. Norman: University of Oklahoma Press.

Budd Richard, A. (1967). Content Analysis of Communication. New York: The Mac Millan Company. Cutlip, S. C. (1982). Effectice Public Relations Edisi pertama. New Jersey: Prentice Hall.

Dowling, G. R. (2006). Communicating Corporate Reputation through Stories. California Management

Review Vol 49 no !, 82-99.

Eriyanto, 2. (2011). Analisis isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu

Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Fombrun, C. J. (1996). ReputationL Realizing Value from the Corporate Image. Cambridge,

Massachusetts: Harvard Business School Press.

Fombrun, C. J. (2004). Fame & Fortune: How Successful Companies Build Winning Reputations. Upper

Saddle River, NJ: FT Prentice Hall.

Riel, V. C. (2007). Essentials of Corporate Comumunications: Implementing Practice for Effective

Reputation Management. USA: Routledge-Taylor & Francis e-Library.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI