Impression Management Sarah Deniz Dalam Akun Instagram @Sarahdenizz

Madeleine Christabel Sudibyo(1*), Fanny Lesmana(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penggunaan impression management yang dilakukan oleh Sarah Deniz, melalui Instagram (@sarahdenizz). Sarah Deniz merupakan seorang fashion influencers berasal dari London, United Kingdom. Selain itu, Sarah juga setiap hari dengan rutin membuat unggahan melalui akun sosial media Instagram. Pada penelitian kali peneliti menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Dengan total jumlah sampel 88 caption, bersama dengan 266 total populasi caption, yang diunggah pada 1 Februari 2020- 30 April 2020. Melalui hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan bahwa melalui postingan beserta caption yang ada, Sarah banyak menggunakan impression management ingratiation ingin semua orang menyukainya berdasarkan keatraktifan yang dimiliki. Lalu, yang kedua yang juga sering digunakannya yaitu Self promotion yang mengarah kepada fakta, dan kenyataan. Dalam penelitian ini, peneliti juga menemukan bahwa Sarah Deniz menggunakan beberapa fungsi public relations seperti komunikasi, promosi, dan hubungan internal.


Keywords


Impression Management, Public relations, caption, Instagram, Sarah Deniz

Full Text:

PDF

References


Doorley, John, and Helio Fred Garcia. Reputation Management: The Key to Successful Public Relations and Corporate Communication. 3 ed., Routledge.

Ellis, Aleksander, et al. “The Use of Impression Management Tactics in Structured Interviews: A Function of Question Type?” vol. 87, 2003. https://www.researchgate.net/publication/10925804_The_Use_of_Impression_Management_Tacti cs_in_Structured_Interviews_A_Function_of_Question_Type.

Given, Lisa M. A Sage Reference Publication. vol. 1&2, CA, Sage Publications, 2008. Accessed 2020.

Goffman, Erving. The Presentation of Self in Everyday Life. 2 ed., New York, Anchor, 1956, https://monoskop.org/images/1/19/Goffman_Erving_The_Presentation_of_Self_in_Everyday_Lif e.pdf.

Krippendorff,, Klaus. Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. 4 ed., California, Sage, 2013, https://www.google.co.id/books/edition/Content_Analysis/s_yqFXnGgjQC?hl=en&gbp v=1&dq=i nauthor:%22Klaus+Krippendorff%22&printsec=frontcover.

Pixlee. “Definition: What Is an Instagram Influencer.” https://www.pixlee.com/definitions/definition-instagram-influencer. Accessed 24 Juli 2020. Read, Ash. “Instagram for Business: 30 Super-Actionable Tips.” Buffer Library, https://buffer.com/library/instagram-for-business-tips/. Accessed 24 Juli 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI