Strategi Self-Presentation Gibran Rakabuming Raka Sebagai Wali Kota Solo Di Akun Instagram @Gibran_Rakabuming
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Self-presentation adalah sebuah proses tentang bagaimana seseorang membentuk apa yang orang lain pikirkan ataupun apa yang kita pikirkan tentng diri kita sendiri. Self-presentation dibagi menjadi dua jenis yaitu defensive self-presentation yang memiliki 5 sub-indikator (excuse, justification, disclaimer, self-handicapping, apology) dan juga assertive self-presentation yang terdiri dari 8 sub- indikator (ingratiation, intimidation, supplication, entitlement, enhancement, basking, blasting, exemplification). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi self-presentation Gibran Rakabuming sebagai Walikota Solo dalam akun Instagram @gibran_rakabuming. Penelitian ini mencoba menemukan bagaimana Gibran Rakabuming melakukan presentasi diri selama 100 hari pertama ia menjabat sebagai Walikota Solo mulai tanggal 26 Februari sampai dengan 6 Juni 2021. Latar belakangnya yang merupakan seorang pengusaha dan dinilai minim pengalaman politik membuat Gibran Rakabuming banyak diterpa isu negatif serta dinilai belum mampu memimpin sebagai Walikota. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantiatif dengan melihat dan menganalisis caption Gibran Rakabuming sebanyak 137 postingan Grid. Temuan dari penelitian ini adalah Gibran Rakabuming lebih sering menggunakan strategi assertive self-presentation pada sub-indikator exemplification dimana Gibran Rakabuming sering mengajak orang untuk melakukan sesuatu yang ia inginkan atau hal-hal positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
CNNIndonesia. (2020, July 24). Gibran Anak Jokowi Bantah Politik Dinasti: Ini Kontestaii Retrieved July 31 2021, from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200724164541-32- 528643/gibran-anak-jokowi-bantah-politik-dinasti-ini-kontestasi
Goffman, E. (1959). The presentation of self in life as theater: a dramaturgical sourcebook. doubleday Anchor Books
Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis riset komunikasi. PT. Kencana Perdana
Leary, M., & Kowalski, R. (1990). Impression management: a literature review and two- component model. Psychological Bulletin. 107(1), 34-37. doi: https.org/10.1037/0033- 2909.107.1.34
Lee. e. A., (2010). Development of a self-presentation tactics scal. Hanyang University Luik, J. E. (2012). Media Sosial dan Presentasi Diri. Prodi Ilmu Komunikasi – UK Petra Stromback, J., & Kiousis, S. (2011). Political public relations. Routledge
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI