Citra McDonald’s Pasca Kasus Kerumunan BTS Meal Kolaborasi “McD x BTS” di Media Online Detik.com

Irene Yuarita Wira Adi(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Krisis adalah hal yang tidak bisa diprediksi oleh perusahaan. Pada saat terjadi krisis media akan terus mencari informasi dan memberitakan hal tersebut, hingga bagaimana perusahaan melakukan recovery pasca terjadinya krisis. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra perusahaan McDonald’s Pasca Kasus kerumunan BTS Meal Kolaborasi “McD X BTS” di Media Online Detik.Com. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori citra dengan elemen indikator kepribadian (personality), reputasi (reputation), nilai (value), dan identitas perusahaan (corporate identitiy) yang di kemukakan oleh Shirley Harisson. Peneliti menganalisis citra McDonald’s menggunakan sampel sebanyak 64 berita dari media online Detik.com. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa elemen citra McDonald’s yang paling banyak ditonjolkan oleh Detik.com adalah penggambaran berita melalui identitas perusahaan McDonald’s itu sendiri.


Keywords


Citra Perusahaan, Public Relations, Manajemen Krisis, Media Relations, BTS Meal

Full Text:

PDF

References


As. Haris. Sumadiria. (2005). Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Feature, Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya

Ardianto, Elvinaro. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Andreassen, Wallin & Lindestad. (1997). The Impact of Corporate Image on Quality, Customer Satisfaction, and Loyalty for Customer with Varying Degrees of Service Expertise. The International Journal of Service Industry Management

Cutlip, S. M., Center, A.H., & Broom, G. M. (2006) Effective Public Relations. Kencana Prenada Media Group.

Eriyanto, (2001). Analisis wacana: Pengantar Analisis Teks Media.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu- ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

Genesia, Tifany Tanzil. (2020). Citra Garuda Indonesia pasca kasus penyelundupan Harley Davidson di Detik.com dan Tribunnews.com. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu

Komunikasi. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Jefkins, Frank. (1995). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif. 2nd ed., Kencana.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Public Relations & Crisis Management. Kencana Prenada Media Group.

Nova, Firza. (2009). Crisis Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nova, Firsan. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Nova, Firza. (2017). Crisis Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. (2009). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rampalimbo, Hosyana Claudia. (2020). Citra PT Freeport Indonesia pasca kasus PHK massal pada pemberitaan media online Tempo.co dan CNNIndonesia.com tahun 2019. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Kristen Petra.

Rini, Yoshin. (2020). Reputasi PT Bank Bukopin Tbk. di mata masyarakat Sidoarjo pasca kasus tight liquidity. Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Kristen Petra.

Ruslan, Rosady. (2008). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Ed. Revisi 9. Jakarta: Rajawali Pers.

Seitel, Fraser P. (2011). The practice of Public Relations: eleventh edition. New Jersey: Pearson Education, Inc

Sari, A. Anditha. (2017). Dasar-Dasar Public Relations Teori Dan Praktik. 1st ed. Deepublish. Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar Public Relations.Bandung, Indonesia:

Rosdakarya.

Sutojo, Siswanto. (2007). Membangun Citra Perusahaan. PT Damar Mulia Pustaka

Suwandi, Iman Mulyana Dwi. (2018). Citra Perusahaan Seri Manajemen Pemasaran. Salemba Empat.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung; Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI