HUBUNGAN KEPUASAAN KOMUNIKASI ORGANISASI DENGAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI PT. SRIKANDI PLASTIK SIDOARJO

Fendi Tahjudin Nor(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah hubungan kepuasaan komunikasi organisasi dengan motivasi kerja karyawan. Motivasi kerja karyawan sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan agar tujuan perusahaan dapat segera tercapai. Namun di PT. Srikandi Plastik terdapat gejala dimana para karyawan mengalain ketidakpuasaan komunikasi organisasi. Teori yang digunakan sebagai dasar untuk melakukan penelitian adalah teori yang ditulis oleh Down & Hanzen (1997) tentang dimensi kepuasan komunikasi. Teori ini terdiri dari delapan indikator kepuasan komunikasi sebagai alat ukur kepuasan komunikasi dan menggunakan Teori Motivasi yang terdapat dalam buka Pace and Faules. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, metode penelitian survey, dan pendekatan kuantitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasaan komunikasi organisasi dengan motivasi kerja karyawan.

 


Keywords


Kepuasan, Motivasi, Komunikasi, Organisasi

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. (2008). Ilmu komunikasi : Sebuah pengantar ringkas. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Arikunto, S. (2001). Manajemen penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiarto E. (2004). Metodologi penelitian kedokteran. Jakarta : EGC.

Bungin, B. (2001). Metode penelitian sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Devito, J. (1997). Kuliah antar manusia (Kuliah dasar). Jakarta: Professional Books.

Gilbert . (1978). “Just in time purchasing: A challenge for U.S. industry“, California Management Review.

Husein Umar. (2004). Metode riset: Perilaku organisasi. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama

Istijanto. (2008). Riset sumber daya manusia. Ed1. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode riset untuk bisnis & ekonomi, Jakarta : Erlangga.

Laybenstein. (1978). "An interpretation of the economic theory of fertility: Promosing path or blind alley?" Journal of Economic Literature.

Marwansyah dan Mukaram. (2000). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: Pusat Penerbit Administrasi Niaga Politeknik Negeri Bandung.

Miller, K. (2003). Organizattional communication: Approaches and processes. California: Wadsworth/Thomson Learning.

Mulyana, Deddy, (2005). Komunikasi organisasi : Strategi meningkatkan kinerja perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Singarimbun, M. (2006). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3S.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk penelitian. Alfabeta Press. Bandung.

Suharsimi Arikunto. (2001). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Ed.5. Jakarata : P.T. Rineka Cipta

Swanson, R. & Gradous, D. (1986). Performance at work. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Wayne, R. Pace dan Don F. Faules. (2006). Komunikasi organisasi, PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI