MOTIF MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENGGUNAKAN IPHONE

Tjoa Cynthia Anggraini Wijaya(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana motif para pengguna ponsel pintar iPhone yang berada di Surabaya, karena iPhone memiliki pangsa pasar yang jelas sehingga menjadikan iPhone tetap stabil dalam penggunaannya. Motif yang diteliti adalah motif masyarakat Surabaya dalam menggunakan iPhone dengan menggunakan teori Uses and Gratification 2.0 untuk smartphone. Indikator pengukur yang dipakai meliputi: akses permanen, hiburan, interaksi sosial, daya tarik, koneksi, instrumentalitas, dan mode/status. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif pada 76 pengguna iPhone yang berdomisili di Surabaya, dengan menggunakan teknik non probability purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif pengguna iPhone di Surabaya cukup tinggi, terutama pada indikator hiburan dan akses permanen, di mana motif tertinggi tersebut ada pada wiraswasta dan pegawai swasta, dengan pengeluaran per bulannya berkisar antara 1.000.001 – 4.000.000 rupiah, di mana mereka memiliki iPhone karena membelinya sendiri. Selain itu, ditemukan pula sebuah kesimpulan bahwa dari iPhone seri pertama sampai iPhone yang terbaru, motif tertinggi dalam penggunaannya tetap konsisten ada pada indikator hiburan.

Keywords


Motif penggunaan ponsel pintar, iPhone, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Antaranews.com. (2012). iPhone, Smartphone Paling Ngetop 2011. Retrieved 21 Maret 2012, from http://www.antaranews.com/berita/298403/ iPhone-smartphone-paling-ngetop-2011

Duniaberitaterkini.com. (2011). Spesifikasi dan harga iphone 4s lengkap. Retrieved 31 Mei 2012, from http://www.duniaberitaterkini.com/2011/10/ spesifikasi-dan-harga-iPhone-4s-lengkap.html

Effendy, O. U. (2003). Ilmu komunikasi (teori dan praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Eriyanto. (2007). Teknik sampling: analisis opini publik. Yogyakarta: LKiS.

Inet.detik.com. (2012). Survei: smartphone jarang dipakai nge-game orang kaya. Retrieved 21 Maret 2012, from http://inet.detik.com/ read/2012/04/03/122137/1883751/398/survei-smartphone-jarang-dipakai-ngegame-orang-kaya

Infogres.com. (2011). Inilah 10 ponsel terlaris februari 2011. Retrieved 21 Maret 2012, from http://infogres.com/inilah-10-ponsel- terlaris-februari-2011.html

International Data Corporation. (2012). Top five worldwide smartphone vendors, 4q 2011, five quarter market share changes (units). Retrieved 21 Maret 2012, from http://www.idc.com/ getdoc.jsp?containerId=pr US23299912

International Telecommunication Union. (2010). Global ICT developments, 2001-2011. Retrieved 5 Maret 2012, from http://www.itu.int/ITU-D/ ict/statistics/

Iskandar, I. (2011). Motif mahasiswa untuk menggunakan ponsel pintar di surabaya. Undergraduate journal thesis, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Surabaya.

International Telecommunication Union. (2011). Global ICT developments, 2001-2011. Retrieved 5 Maret 2012, from http://www.itu.int/ITU-D/ict/statistics/

J.D.Power and Associates. (2012). 2012 Wireless consumer smartphone customer satisfaction study. Retrieved 23 Maret 2012, from http://www.jdpower.com/ consumer-ratings/ratings. htm?industry= Electronics&category=Phones&study=909201251

Kompas.com. (2012). Survei: siapa kelas menengah indonesia. Retrieved 15 Desember 2012, from http://nasional.kompas.com/ read/2012/06/08/13003111/Siapa.Kelas.Menengah.Indonesia

Kriyantono, R. (2009). Teknik praktis: riset komunikasi (edisi pertama, cetakan ke-4). Jakarta: Kencana.

Nielsen Newsletter. (2011, Mei). Pertumbuhan pengguna ponsel di indonesia paling tinggi. Retrieved 23 Maret 2012, from http://www.agbnielsen.net/Uploads/ Indonesia/Nielsen_ Newsletter_Mei_2011-Ind.pdf

Nielsen Wire. (2010). Who is buying the ipad, and will they also buy an iphone? Retrieved 23 Maret 2012, from http://blog.nielsen.com/ nielsenwire/online_mobile/who-is-buying-the-ipad-and-will-they-also-buy-an-iPhone/

Nurudin. (2007). Pengantar komunikasi massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Peters, O. & Allouch, S.B. (2004, May). Always connected: a longitudinal field study of mobile communication. Paper presented at the anual meeting of the International Communication Association, New Orleans Sheraton, LA.

Ruggiero, T.E. (2004). Uses and gratifications theory in the 21st century. Mass Communication & Society, 3(1), 3-37.

Singarimbun, M. (1995). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sundar, S. S. & Limperos, A. (2010, June). Uses & grats 2.0: do new technologies bring new gratifications? Paper dipresentasikan pada Annual Conference to the Communication & Technology Division of the International Communication Association (ICA), Singapore.

Tjahyana, L. J. (2007, January). Teknologi komunikasi 3g dari sudut pandang computer mediated communication. Jurnal Ilmiah Scriptura, 1(1) , 48-59.

Utomo, R.B. (2011). Motif Pengguna Smartphone di Kalangan Remaja Surabaya. Undergraduate journal thesis, Universitas Kristen Petra Jawa Timur, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI