PREDIKTOR PERILAKU USER DALAM MENGADOPSI AKUN TWITTER RADIO DI SURABAYA

Imanuel Dendy Yuwono(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Twitter adalah salah satu social media yang perkembangannya sangat cepat beberapa tahun terakhir, dan stasiun radio berusaha mengadopsi twitter sebagai sarana untuk menjaring pendengar. Prediktor Perilaku menjadi perangkat yang penting yang bisa membuat seseorang akhirnya mau mengadopsi atau follow akun twitter radio tersebut. Prediktor Perilaku adalah bagian dari Theory of Planned Behavior. Gambaran tentang apa prediktor perilaku user dalam mengadopsi akun twitter radio di Surabaya menjadi menarik untuk diteliti. Penelitian ini dibatasi dengan user yang follow satu atau lebih 5 akun radio yang punya followers terbanyak di Surabaya. Metode yang digunakan adalah survei secara online. Dan dari hasil penelitian, diambil kesimpulan bahwa variable Outcome Assesment pada penelitian ini adalah variabel yang memiliki nilai mean tinggi yang berarti, followers dari akun twitter radio mendapatkan sesuatu yang positif selama mereka follow akun twitter tersebut. Kemudahan untuk follow akun twitter tersebut menjadi alasan mengapa Communication Efficacy juga memiliki nilai mean yang tinggi pada penelitian ini. Sementara itu, Partner’s Communication Desire adalah variabel yang mempunyai nilai mean rendah, dikarenakan seseorang yang akan mengadopsi social media akan cenderung tidak mendengarkan orang lain untuk memutuskan dia akan mengadopsi social media tersebut atau tidak. Bisa dibilang juga, social media, yang dalam hal ini adalah akun twitter dari radio memunculkan sifat individualistis dari followers-nya.

Keywords


Theory of Planned Behavior, Radio, Twitter, Surabaya

Full Text:

PDF

References


Afifi, W., & Weiner, J. (2004). Toward a theory of motivated information management. Communication Theory, 14, 167-190.

Ajzen, Icek. (1991). The theory of planned behavior. Massachusetts: Academic Press.

Ajzen, Icek. (2005). Attitude, personality, and behavior: second edition. New York: Open University Press.

Aworldoftweets. (2012). Twitter counter. Retrieved April 2012 from http://aworldoftweets.frogdesign.com

Baskharan, Vivek and Jennifer LeClaire. (2010). Online survey for dummies. Indiana: Wiley Publishing Inc.

Berscheid, E & Walster, E. (1978). Interpersonal attraction 2nd edition. Addison Wesley Publishing Company

Jang, Su Ahn and Jina H. Yoo. (n.d.). Topic avoidance in close relationship: applying theory of planned behavior. Journal from the Post-Graduated thesis. University of Missouri: St. Louis.

Lin, Carolyn A. (2009). Exploring the online radio adoption decision making process cognition, attitude, and technology fluidity. Connecticut.

Olenski, Erica V. (2011). Twitter created the new radio star. HIMSS.

PEW Research. (2009-2012). Change in cell phone internet use by demographic. Retrieved May 2012 from http://www.pewinternet.org/Reports/2012/Cell-Internet-Use-2012/Main-Findings/Cell-Internet-Use.aspx

Richard, David A.J. (1971). The theory of reasoned action. London: Oxford University Press.

Sue, Valerie M. (2007). Conducting online survey. California: Sage Publications.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI