PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL PECATUR BERSAUDARA DALAM SALING MEMOTIVASI

Indah Claudia Mumek(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena komunikasi interpersonal di dunia olahraga terjadi antara individu yang berada dalam lingkungan olahraga. Dalam penelitian ini, informan yang diteliti yaitu dua atlet catur bersaudara. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses komunikasi interpersonal pecatur bersaudara untuk saling memotivasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam, kemudian dipaparkan secara deskriptif. Peneliti menggunakan elemen-elemen komunikasi interpersonal DeVito (2007): pengirim-penerima, proses memproduksi dan menangkap pesan, pesan verbal-nonverbal, umpan balik, umpan maju, saluran komunikasi, konteks, hambatan, etika, kompetensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai atlet yang tidak memiliki pelatih untuk memotivasi, pecatur bersaudara tersebut mampu meraih prestasi internasional dengan cara saling memotivasi satu sama lain. Hal ini bisa dilihat dengan cara rutin berlatih catur bersama, berdoa bersama dan saling mencium pipi sebelum mulai bertanding. Proses komunikasi interpersonal pecatur bersaudara tersebut menjadi bentuk motivasi untuk mencapai keberhasilan dan meningkatkan prestasi.


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Pecatur Bersaudara, Motivasi

Full Text:

PDF

References


DeVito, Joseph A. (2007). The interpersonal communication book (11th ed.) Cetakan ke- 3 Jakarta: Kencana.

Gamble, Teri, Kwal & Michael. W. (2005). Contacts interpersonal communication in theory, practice, and context. USA: Houghton mifflin company.

Oktriyani, Dyah, (2011), Hubungan Komunikasi Antar Individu Dengan Kerjasama Tim. Retrieved September 30, 2012, from http://repository.upi.edu/operator/upload/s_kim_045080_chapter1.pdf.

Pederson, P. M., Miloch, K. S., & Laucella, P. C. (2007). Strategic sport communication. Champaign, IL: Human kinetics

Rusdianto, Monica, (2009), Tanggapan atlet terhadap kualitas komunikasi interpersonal pelatih dalam memotivasi atlet untuk berprestasi. (TA No: 10010404/KOM/2009). Published undergraduate thesis. Surabaya: Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra.

Siagian, S.P. (1989). Teori motivasi dan aplikasinya. (1th ed.) Jakarta: Bina aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI