PROSES KOMUNIKASI PUBLIK DARI GURU KEPADA MURID KELAS TK B SEKOLAH PELITA PERMAI SURABAYA DALAM PEMBELAJARAN KARAKTER KRISTIANI
Keywords:
AIS, intensity of competition, firm size, organizational learning.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan proses komunikasi publik dari guru kepada murid kelas TK B Sekolah Pelita Permai Surabaya dalam pembelajaran karakter Kristiani. Peneliti menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi non-partisipan dan wawancara dengan informan penelitian. Yang menjadi informan dalam penelitian ini ialah guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses komunikasi publik di kelas TK B Sekolah Pelita Permai Surabaya setiap elemen saling terkait dan dapat menjadi faktor penghambat dan faktor pendukung penyampaian pesan karakter Kristiani dari guru kepada murid. Yang menjadi faktor penghambat adalah kemampuan guru untuk melihat kaitan antara karakteristik audience, stimulus, dan isi pesan, kemampuan guru yang mempengaruhi respon murid dan pemilihan channel, dan context yang berujung menjadi gangguan. Faktor penghambat menyebabkan para murid memberikan feedback negatif, menjadi pasif, dan tidak memperhatikan guru. Yang menjadi faktor pendukung proses ini ialah stimulus melalui cerita bergambar, stimulus tantangan dengan reward stiker, isi pesan yang dekat dengan audience, serta melalui perintah.
References
ACSI. (2005). How to start and develop christian school. Jakarta: ACSI Indonesia.
Cangara, Prof. DR. H. Hafied. (2006). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Erikson, E.H. (1989). Identitas dan siklus hidup manusia. Jakarta: PT Gramedia.
Hasling, J. (2006). The audience, the message, the speaker. New York: Mc-Graw Hill
Hurlock, E.B. (2002). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang
kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Penerbit Erlangga
Mulyana, D. (2010). Ilmu komunikasi: suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Patton, K.G. & Wil A.L. (1983). Responsible public speaking. United State of America: Scott, Foresman and Company.
Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: LkiS Pelangi Aksara Yogyakarta.
Setiawani, M. & Tong S. (2003). Seni membentuk karakter Kristen. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia.
Yin, R.K. (2006). Studi kasus: desain & metode. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.