Evaluasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Sebagai Community Relations PT. Jasa Marga (Persero) Cabang Surabaya- Gempol

Authors

  • Maura Fajirin Pratiwi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Otto Bambang Wahyudi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Titi Nur Vidyarini Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Keywords:

Strategi Media Sosial, Marketing Communication, Brand, Pandemi Covid- 19

Abstract

PT. Jasa Marga (Persero) Cabang Surabaya-Gempol menjalankan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Pihak perusahaan mengatakan bahwa program tersebut merupakan bentuk kepedulian dan tanggung tawab perusahaan terhadap perekonomian masyarakat sekitar jalan tol. Perusahaan juga berharap bahwa dari adanya program tersebut bisa membangun relasi yang baik dengan masyarakat. Namun, meskipun sudah dilakukan bertahun-tahun Program Kemitraan dan Bina Lingkungan masih mendapati hambatan-hambatan. Peneliti melakukan evaluasi untuk melihat akar permasalahan dari hambatan yang ada. Evaluasi dilakukan dengan menyocokkan proses community relations dan menganalisis temuan data untuk didapatkan akibat dari hambatan-hambatan tersebut. Hasilnya ditemukan bahwa komunikasi dua arah dengan para Mitra Binaan masih kurang karena masyarakat cenderung pasif. Perusahaan juga harus lebih transparan dan memperbaharui pelaporan mengenai corporate social responsibility dimana hal ini terkait dengan Program Bina Lingkungan dan juga mampu menjadi sarana komunikasi dengan masyarakat. Evaluasi program yang dilakukan perusahaan hanya mencakup sebagian kecil yaitu untuk menunjukkan indeks kepuasan, akan lebih baik apabila mencakup berhasil tidaknya Program Kemitraan dan Bina Lingkungan mewujudkan kesejahteraan serta melihat bagaimana kondisi hubungan dan komunikasi dengan masyarakat.

References

Ganie, J. (July 5, 2018). BUMN pemain global. Kompas. Retrieved from https://www.pressreader.com/indonesia/kompas/20180705

Harrison, Kim. (2008). Strategilac public relations: A practical guide to success. Perth: Century Consulting Group. Surabaya: Universitas Kristen Petra. Iriantara, Y. (2004). Community relations: Konsep dan aplikasinya. 1st ed.

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, T. Suzette., Toth, L. Elizabeth. (2010). Public

relations: Profesi dan praktik. 3rd ed. Jakarta: McGraw-Hill Education

(Asia) & Salemba Empat.

Moore, Frazier. 2004. Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung :

PT. Remaja Rosdakarya.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: Lkis.

Annual Report 2017. Jasa Marga. 2017. Retrieved from http://cms.jasamarga.com /id/hubunganinvestor/Annual%20Report/Annual%20Report%202017.pdf

Capaian jasa marga sepanjang tahun. (2018). Retrieved from https://koranbumn.com/capaian-jasa-marga-sepanjang-tahun-2018/

Downloads

Published

2021-01-07