Efektifitas Komunikasi Dalam Proses Sales Call Gunawangsa Hotel MERR Surabaya

Satyadi Lukito(1*), Felicia Goenawan(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) 
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas komunikasi dalam proses sales call Gunawangsa Hotel MERR Surabaya. Proses sales call dilaksanakan oleh 4 orang sales people dari sales and marketing department. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sejumlah 66 klien Gunawangsa Hotel MERR Surabaya yang terkena terpaan kegiatan sales call pada bulan Agustus sampai bulan Oktober tahun 2019. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah teknik statistik deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas komunikasi dalam proses sales call Gunawangsa Hotel MERR Surabaya berada pada tingkat efektif.


Keywords


Efektifitas, komunikasi, sales call

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2009. Handbook Of Public Relations: Pengantar Komprehensif. Simbiosa Rekatama Media. Bandung.

Blythe, Jim. 2003. Essentials of Marketing Communications Third Edition, Marketing Public Relations. Prentice Hall. New Jersey, United States of America.

Buchari Alma. 2006. Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran, edisi 2. Yogyakarta : Andi.

Jallaludin, Rakhmat. (2007). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Jones, Thomas. 1994. Human Helping, In Journal of Corporate Social Performance and Policy. Vo.8, Connectient : JAI Press, Grenwich: 29-30.

Kartajaya, Hermawan. 2000. Marketing Plus 2000. Gramedia. Jakarta

Kartajaya, Hermawan. 2013. Marketing with heart, the seven driversof the reel marketers. Gramedia. Jakarta

Kotler, Philip. 1991. Marketing Management. 7th Edition. Prentice-Hall. Englewood Cliffs.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Group. Jakarta.

Lubis, S.M. Hari & Huseini, Martiani. 1987. Teori Organisasi: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Pusat Antar Universitas Ilmu-Ilmu Sosial.

Masruri. 2014. Analisis Efektifitas Program Nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perkotaan. Padang: Akademia Permata.

Mulyana, Deddy.2000. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana

Othenk. 2008. Pengertian Efektivitas dan Landasan Teori Efektivitas. retrieved at http://literaturbook.blogspot.co.id (diakses tanggal 19 Januari 2019)

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Saladin, Oesman. 2002. Intisari Pemasaan dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Penerbit Linda Karya.

Santoso, Singgih. (2002). Buku latihan SPSS: Statistik parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI