KOMPETENSI KOMUNIKASI YULI SUMPIL DALAM MEMIMPIN KELOMPOK SUPORTER AREMANIA

Ayub Dahana(1*),


(1) Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Aremania adalah kelompok suporter pendukung klub sepakbola Arema. Dalam mendukung Arema di stadion, mereka berjumlah ribuan dan dipimpin oleh seorang dirigen. Dirigen bertugas untuk memandu Aremania dengan kompak bernyanyi dan menari mendukung Arema. Fenomena inilah yang menarik di mana sang dirigen, Yuli Sumpil, hanya seorang diri dapat memimpin ribuan Aremania. Terutama, bagaimana kompetensi komunikasi Yuli Sumpil sehingga mampu memimpin ribuan Aremania. Sehingga, terjadi komunikasi publik antara Yuli Sumpil dengan Aremania. Dengan menggunakan studi kasus sebagai metodologi, peneliti menemukan bahwa ada dua faktor utama yang menentukan bagi seorang komunikator publik. Faktor internal adalah bagaimana kemampuan sang komunikator untuk beradaptasi, melakukan pembicaraan, mengatur pembicaraan, menunjukkan empati, berbicara secara efektif dan mendapat kelayakan. Juga kedekatan serta loyalitas dan rasa memiliki. Sementara faktor eksternal adalah faktor penerimaan/kesepakatan dari khalayak tersebut. Sehingga, dalam konteks komunikasi publik yang bersifat informal maka kompetensi komunikasi tidak bisa dilepaskan dari faktor penerimaan oleh publiknya.


Keywords


Komunikasi Publik, Kompetensi Komunikasi, Suporter

Full Text:

PDF

References


Devito, Joseph A. (2006). Human communication the basic course. Boston: Pearson Education.

Devito, Joseph A. (2012). The essential elements of public speaking. Boston: Pearson Education.

Hasling, John. (2006). The audience the message the speaker. New York: McGraw-Hill.

Narwoko, J Dwi. (2007). Sosiologi teks pengantar dan terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Payne. (2005). Responsible public speaking. Kansas: Scott, Foresman and Company.

Salleh, Lailawati Mohd. (2007). Communication competence of malaysian leaders as a fuction of emotional inteligence and cognitive complexity. Ohio: Ohio University.

Silalahi, Ulber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Taman. (1985). Human communication prinsip-prinsip dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yin, Robert K. (2008). Study kasus desain dan metode. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI