RESPON PENGUNJUNG TERHADAP MEDIA BROSUR JATIM PARK 2

Ruth Stefanie(1*),


(1) Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat respon pengunjung terhadap media brosur yang digunakan oleh Jatim Park 2 sebagai media informasi, dengan menggunakan konsep AIDA (Attention-Interest-Desire-Action), dimana menurut Kotler “Ideally, the message should gain attention, hold interest, arouse desire, and elicit action (AIDA) model”. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebarkan kuesioner yang menggunakan teknik Non Probability Sampling atau secara tidak acak, dimana elemen-elemen populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Kuesioner diberikan kepada pengunjung yang pernah melihat brosur Jatim Park 2 dan pengunjung yang berusia 17-50 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dari 100 responden Jatim Park 2, rata-rata setuju memberikan attention (perhatian) pada sisi harga dan responden melakukan action (tindakan) karena keunikan huruf brosurnya.


Keywords


Respon, Media Brosur, Jatim Park 2

Full Text:

PDF

References


Arsori, (2002). Dasar-dasar Teknologi Komunikasi. Jakarta: Alfabeta

Assegaff, Djaffar, H. (2002). Jurnalistik Masa Kini Jakarta : Ghalia Indonesia.

Belch, G.E., Belch, M.A. (2004). Advertising and promotion : An integrated marketing communication perspective. New York: McGraw Hill

Djayakusumah, Tams. (2002). Pengertian Periklanan. Bandung : CV. Armico.

Effendy. Uchjana. Onong. (2003). Ilmu komunikasi: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ferdinand, Augusty. (2002). Structural equation modelling dalam penelitian manajemen. Semarang: UniversitasDiponegoro.

Hadi. Sutrisno. (2000). Metodologi research. (16th ed). Yogyakarta: Andi Offset.

Hendratman, Hendy. (2010). Tips and Trix Computer Graphics Design. Informatika Bandung.

Hasan, Alwi, (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Hovland, C.I., Janis, I.L., & Kelley, H.H. (2003). Communication and Persuasion. New Haven, CT: Yale University Press.

Hurlock, E.B. , (1997). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga

Indriyanti, Irma Satya dan John J.O.I. Ihalauw (2002). “Pengulangan Pesan Suatu Iklan Dalam Proses Pembelajaran Konsumen”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. VII. No.1 Maret: 36-52.

Jefkins, Frank. (2006). Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. (2005).Manajemen pemasaran(Edisi Kesebelas). Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Mulyana, Deddy. (2007). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (1999). Metode penelitian komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Ruslan, Rosady. (2004). Metode penelitian: Public relations dan komunikasi (edisi 1). Cetakan Kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Santoso, Singgih. (2002). Buku latihan SPSS: Statistik parametrik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Singarimbun, Masri. (2006). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3S.

Soeratno dan L. Arsyad. (1995). Metodologi penelitian untuk ekonomi dan bisnis. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Sumber: http://www.wisatamalang.com/batu/wisata-kota-batu/441-jawa-timur-park.html

Suryabrata, Sumadi. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Syafruddin. (2003). Pengaruh media cetak brosur dalam proses adopsi dan difusi inovasi beternak ayam broiler di kota kendari. Thesis. Yogyakarta: Pasca Sarjana UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI