Perancangan Kampanye Sosial Pentingnya Seni dalam Pendidikan Anak

Febrina Febrina(1*), Prayanto Widyo Harsanto(2), Rebecca Milka N. Basuki(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan merupakan salah satu hak yang seharusnya didapatkan oleh anak – anak. Di Indonesia sendiri, terdapat wajib belajar 12 tahun mulai dari sekolah dasar hingga menengah keatas. Seni merupakan salah satu hal yang dekat dengan anak – anak sejak mereka usia dini. Misalnya, saat di taman kanak – kanak, anak – anak tidak langsung belajar berhitung ataupun membaca. Namun, mereka belajar untuk mewarnai dengan rapi, mengelem, maupun menggunting. Hal ini, menunjukkan bahwa seni memiliki pengaruh bahkan digunakan sebagai dasar pembelajaran. Perancangan ini ditujukan agar orang tua, terutama ibu, mendapatkan awareness untuk menggunakan seni sebagai media pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak antusias belajar sekaligus melatih kreativitas mereka.

 


Keywords


kampanye sosial, seni, pendidikan, anak

Full Text:

PDF

References


Burton, M. J. & Shea, D. M. (2010). Campaign Craft The Strategies, Tactics, and Art of Political Campaign Management. California : ABC-CLIO, LLC.

Chalke, Steve. (2009). Kiat Menjadikan Anak Sukses & Bahagia. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Gani, P.R. Kampanye Sosial. 9 Juni 2014. http://www.lspr.edu/pritakemalgani/kampanye-sosial/

Gunarsa, S.D. & Gunarsa, Y. S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia

Guru-id.com. Cara Mengisi Rombongan Belajar Dapodik 2019. 31 Agustus 2018. https://www.guru- id.com/2016/07/cara-mengisi-pembelajaran-jjm-sd- dan.html

Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Author.

Iswanto, Randy. Menjadi Creativepreneur Lewat Hobi Menggambar. 3 Desember 2018. https://uc.ac.id/vcd/menjadi-creativepreneur-lewat- hobi-menggambar/

Jessica. 26 April 2018. 7 Manfaat Menggambar Bagi Perkembangan Anak. https://www.educenter.id/7-manfaat-menggambar- bagi-perkembangan-anak-2/

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan. Jakarta : PT. Pustaka Utama Grafiti.

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus G- Spot Konsumen. Kepustakaan Populer Gramedia (KPG)

Morissan, M.A. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Neolaka, A. & Neolaka, G. A. (2017). Landasan Pendidikan. Depok : Kencana.

Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli. 2017. https://ilmuseni.com/seni-rupa/mengambar/pengertian- menggambar

Pratiwi, Y. Pentingnya Seni dan Kreativitas di Pendidikan Anak Usia Dini. 27 September 2018. https://cantik.tempo.co/read/1130593/pentingnya-seni- dan-kreativitas-di-pendidikan-anak-usia-dini

Redaksi. 10 Manfaat Mengenalkan Seni Pada Anak. 17 Juli 2018. https://www.motherandbaby.co.id/article/2018/7/12/10384/10-Manfaat-Mengenalkan-Seni-pada-Anak

Reddi, C.V . Narasimha. Effective Public Relations and Media Strategy. New Delhi: PHI Learning Private Limited, 2009.

Sitepu, Vinsensius. 2004. Panduan Mengenal Desain Grafis.

Sulastianto, H., et al. 2006. Seni Budaya. Bandung. Venus, A. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Revisi.

Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, R. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.