Perancangan Kampanye Sosial Tentang Peralatan Makan Yang Ramah Lingkungan

Authors

  • Lauw, Celine Lawinata UK Petra
  • Prayanto Widyo Harsanto UK Petra
  • Rebecca Milka N. Basuki UK Petra

Keywords:

waste, self assesment and maturity model

Abstract

Permasalahan plastik menjadi permasalahan yang cukup serius dikarenakan penggunaannya yang berlebih, ditambah pula sulitnya untuk mengurai. Penggunaan plastik pada alat makan sekali pakai tidak lepas dari anak-anak yang masih menggunakannya dari jajanan atau PKL (Pedagang Kaki Lima). Solusi yang dirancang adalah kampanye. Melalui kampanye, strategi dan pesan dirancang secara mendalam yang berkaitan dengan target audience agar dapat tersampaikan dengan baik dan efektif. Kampanye ini dilaksanakan di Sekolah Dasar dengan mengajak murid-murid untuk menghias “Teman Ramah” mereka sendiri yang akan dijadikan wadah alat-alat makan mereka. Melalui kampanye ini, target audience  akan lebih mengerti mengenai permasalahan lingkungan dan juga bagaimana menggunakan alat makan yang ramah lingkungan bisa menjadi langkah yang besar untuk ikut serta membantu lingkungan bebas dari sampah plastik.

Author Biographies

Lauw, Celine Lawinata, UK Petra

DKV UK Petra

Prayanto Widyo Harsanto, UK Petra

DKV UK Petra

Rebecca Milka N. Basuki, UK Petra

DKV UK Petra

References

A. Shimp, Terence (2003). Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.. Jakarta: Erlangga.

Anon. (2018, September 19). Gerakan Anti Sedotan Plastik yang Kian Gencar di Indonesia. Retrieved from https://news.detik.com/abc-australia/d-4218456/gerakan-anti-sedotan-plastik-yang-kian-gencar-di-indonesia

Haryono, Jessica Amelia (2016). Perancangan Kampanye Sosial Mengolah Kertas Bekas Untuk Meningkatkan Rasa Cinta Kepada Lingkungan Bagi Anak Usia 9-11 Tahun. (TA No: 00022841/DKV/2016). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Kasali, Rhenald (1992). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Temprint.

Morissan, M. A. Pramudya (2010). Periklanan : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Puspita, Sherly (2018, August 19). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Kedua di Dunia. Kompas.com. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2018/08/19/21151811/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-kedua-di-dunia

Ruslan, Rosady (2018) Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation.. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Safitri, Adelia Marista (2018, June 21). Stop Membakar Sampah di Perkarang Rumah! Ini Bahayanya Bagi Kesehatan. Retrieved from https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/bahaya-membakar-sampah/

Sunu, Pramudya (2001). Melindungi Lingkungan dengan Menerapkan ISO 14001. Jakarta: PT Grasindo.

Tondang, Yetta (2018, June 5). Sampai kapan mau membuang sampah plastik sembarangan? Retrieved from https://www.rappler.com/indonesia/berita/204172-sampai-kapan-membuang-sampah-plastik-sembarangan

Venus, A (2018) Manajemen Kampanye.. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, Rendra (2007) Pengantar Periklanan.. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Downloads

Published

2019-07-12

Issue

Section

Articles