Perancangan Branding dan Packaging Ayam Geprek Cipta

Insan Cipta Wirawan(1*),


(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Ayam Geprek Cipta merupakan salah satu usaha makanan baru di kecamatan Kunduran kabupaten Blora. Produk makanan Ayam Geprek Cipta ini dapat bersaing dengan kompetitornya. Namun Ayam Geprek Cipta belum memiliki identitas brand. Hal ini membuat Ayam Geprek Cipta tidak diketahui oleh masyarakat. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk membuat identitas brand pada Ayam Geprek Cipta dan dapat menciptakan brand awareness. Perancangan branding ini menggunakan metode analisis data SWOT yang bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kompetitor-kompetitor Ayam Geprek Cipta. Konsep dari perancangan ini yaitu menampilkan kesan fun dan pedas melalui visual warna, typeface, dan grafis. Hasil dari perancangan ini adalah logo dan tagline yang diimplementasikan pada media yang digunakan seperti brosur, menu, kemasan, dan brand merchandise untuk meningkatkan branding sehingga sesuai dengan target market dan target audience.


Keywords


Ayam Geprek Cipta ; Branding ; Kemasan

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (1992). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Dian, M., & Kartika, J. D. (2010). Fengshui untuk logo. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Iqbal, R. (2018, Desember 13). 15 Makanan Khas Indonesia yang Paling Lezat, Sudah Coba Semua?Retrieved from IDN Times:htttps://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/15-makanan-khas-indonesia-yang-paling-lezat-sudah-coba-semua/full.

Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya on Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Minamiyama, H. (2007). World Branding : Concept, Strategy and Design. Ginko Press Inc.

Percetakan, T. (2017). https://tipspercetakan.com/perbedaan-tagline-dan-slogan/. Retrieved from Tips Percetakan: https://tipspercetakan.com/perbedaan-tagline-dan-slogan/

Pinem, W. (2019). 7 Langkah Untuk Membangun Brand Bisnis dari Awal. Retrieved from Coinworks: https://koinworks.com/blog/langkah-untuk-membangun-brand-bisnis/

Randall, G. (2001). The Art of Marketing Branding. New Delhi: Crest Publishing House.

Riadi, M. (2016, Oktober 29). Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis Kemasan. Retrieved from Kajian Pustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html

Rieuwpassa, F.(2018, Mei 18) Pengertian Brand dan Manfaat Branding. Retrieved from Seputar Marketing: https://www.seputarmarketing.com/ind/pengertian-brand-dan-manfaat-branding/

Trisnanto, A. (2007). Cerdas Beriklan. Yogyakarta: Galangpress.

Wibisono,N.(2017, Desember 16).Ayam Geprek di Dunia yang Menggilai Ayam. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/ayam-geprek-di-dunia-yang-menggilai-ayam-cBL1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.