Perancangan Game Android untuk Memperkenalkan Jajanan Pasar di Surabaya untuk Anak Usia 5-8 Tahun
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Indonesia memiliki banyak sekali budaya yang beranekaragam. Seiring waktu budaya ini perlahan memudar, contohnya dalam hal makanan tradisional. Ada banyak sekali makanan dari luar negeri yang masuk ke Indonesia yang membuat makanan tradisional Indonesia menjadi tersingkir dan kurang dikenal oleh anak – anak, padahal makanan tradisional merupakan warisan dari leluhur secara turun temurun yang sangat wajib untuk dilestarikan.
Oleh karena itu, perancangan ini menggunakan media interaktif berupa game di smartphone yang dapat diunduh secara gratis dengan metode belajar sambil bermain. Ketika memainkan game ini, pemain ditugaskan untuk membuat berbagai macam jajanan pasar di smartphonenya. Diharapkan kedepannya, banyak anak-anak dapat mengenal jajanan pasar sekaligus dapat mencoba membuat jajanan pasar tersebut. Perancangan dikemas dengan gambar yang menarik supaya anak - anak tertarik untuk memainkan permainan ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Y. (2006). Warisan kuliner nusantara kue basah dan jajan pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Azzahroh. (n.d). Aneka rasa jajanan khas indonesia. Jakarta Utara: Daffa Media
Ince, S.. (2006). Writing for vidio games. London : A & C Black
Lamanya konsentrasi si kecil bergantung usia. (22 Mei 2012). Kompas. Retrieved 18 Oktober 2018, from https://lifestyle.kompas.com/read/2012/05/22/07325742/Lamanya.Konsentrasi.Si.Kecil.Bergantung.Usia
Santrock, W. J. (2012). Live-Span development. ( Benedictine Wisdyasinta). Jakarta: Erlangga
Setiyaningrum, E.. (2017). Buku ajar tumbuh kembang anak usia 0-12 tahun. Retrieved 4 Februari 2019, from https://www.academia.edu/36592719/Buku_Ajar_Teori_dan_Konsep_Tumbuh_Kembang_dan_Stimulasi_Bayi_Toddler_Pra_Sekolah_Usia_Sekolah_dan_Remaja
Refbacks
- There are currently no refbacks.