Perancangan Redesain Kemasan Produk Minuman Mawar Merek "Roos" Nganjuk
Keywords:
Atraksi Natural, Danau Linow, Geotermal, Karakter Ruang, Pemandian Air PanasAbstract
Roos adalah sebuah home industry yang menjual produk minuman mawar di kota Nganjuk. Pada umumnya bunga mawar hanya digunakan sebagai tanaman hias dan untuk ziarah kubur saat Idul Fitri, namun saat musim itu berakhir, harga bunga mawar turun drastis dan dibuang tanpa diolah lebih lanjut. Pada tahun 2014, Sri Karlinawati mengolah bunga mawar tersebut menjadi sebuah produk inovasi baru berupa minuman mawar yang unik. Permasalahannya terletak pada kemasan Roos yang belum memiliki identitas yang jelas, tampilan yang menarik, serta keamanan produk yang kurang terjamin. Padahal untuk dapat bersaing di era persaingan pasar modern ini, sebuah produk dituntut untuk memiliki keunikan dan identitas tersendiri agar mampu tampil menonjol dan berbeda dari kompetitor lainnya. Melalui perancangan redesain kemasan produk minuman mawar merek “Roos” Nganjuk, diharapkan akan mampu mengatasi kelemahan pada kemasan sebelumnya, mengangkat image, dan memperkuat positioning produk Roos sebagai oleh-oleh khas Nganjuk.References
Bagaimana Cara Membuat Kemasan Produk yang
Baik. (2017).Retrieved March 7, 2019
from
http://www.asiabaru.com/bagaimana-caramembuat-kemasan-produk-yang-baik/
Bhirawa, Danu. (2018). Dibalik Potensi
Tersembunyi Mawar Sedudo. Retrieved
September 23, 2018, from
http://harianbhirawa.com/2018/07/dibalikpotensi-tersembunyi-mawarsedudo/
Julianti, S. (2014). The Art of Packaging. Jakarta:
PT. Gramedia Pustaka Utama.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Redesain.
Retrieved February 15, 2019, from
https://azkamus.com/dictionary/redesain/
Klimchuk, Marianne Roster dan Krasovec, S.A.
(2007). Desain Kemasan: Perencanaan
Merek Produk yang Berhasil Mulai dari
Konsep sampai Penjualan. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Kondisi Geografis Kabupaten Nganjuk. (2018).
Retrieved March 7, 2019 from
https://www.nganjukkab.go.id/beranda/we
lcome/kondisi
Nurhudamu (2015). 10 Langkah Mengolah Sari
Mawar ala Mbak Lina.
Retrieved September 24, 2018 from
http://www.ngliman.com/2015/06/10-
langkah-mengolah-sari-mawar-alambak.html
Pendi (2016). Tren Pertumbuhan Kelas Menengah
Indonesia. Retrieved February 16, 2019
from
https://kawanpendi.com/2016/05/26/trenpertumbuhan-kelas-menengah-indonesia/
Savitri, Tania. (2019). 4 Keajaiban Air Mawar untuk
Kesehatan Tubuh. Retrieved March
7, 2019 from https://hellosehat.com/hidupsehat/tips-sehat/manfaat-air-mawar-untukkesehatan/
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan & Promosi:
Aspek Tambahan Komunikasi
Pemasaran Terpadu Jilid II (5th ed.)
Jakarta:Erlangga
Wahyudi, N. dan Satriyono, S. (2017). Mantra
Kemasan Juara. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Wahyuningsih, A. (2015). Kenali 7 Manfaat
Kesehatan dan Kecantikan dari Bunga
Mawar. Retrieved March 7, 2019 from
https://www.brilio.net/life/kenali-7-
manfaat-kesehatan-dan-kecantikan- daribunga-mawar-150917v.html#
Yusan, Shita. (2015). Sari Mawar Sebagai Salah
Satu Upaya Pemanfaatan Sumber Daya
Lokal. Retrieved September 22, 2018, from
http://www.ngliman.com/2015/03/sarimawar-sebagai-salah-satu-upaya.html