Perancangan Kampanye ”150% Buah Lokal” Bagi Remaja Usia 14-20 Tahun di Surabaya

Elizabeth Kurniasari Susanto(1*), Wibowo Wibowo(2), Hendro Aryanto(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini keberadaan buah lokal mengalami persaingan dengan buah import, padahal kualitas buah lokal bisa dikatakan lebih baik dari buah import. Tujuan perancangan kampanye ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan dan rasa memiliki dengan mengkonsumsi buah lokal Indonesia dalam rangka mempertahankan kekayaan alam asli Indonesia, dengan mengajak dan memberikan informasi tentang keunggulan buah lokal agar menjadi suatu gaya hidup bagi remaja. Sudah seharusnya kita menjaga kekayaan asli Indonesia ini, menjadi buah lokal yang membanggakan di negeri kita sendiri.


Keywords


Kampanye, Iklan Layanan Masyarakat, Buah Lokal, Indonesia, Remaja, Nasionalisme.

Full Text:

PDF

References


“Awas, Buah Impor Gunakan Lapisan Lilin Sebagai Pengawet!.” Sehatnews.com. 2012. 2 Februari 2013.

“Buah Lokal Terbatas, Buah Impor Merebut Pasar.” Harian Analisa. 2011. 26 Januari 2013.

“Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan.” Ikatan Terapis Bekam Indonesia. 2012. ITBI Ikatan Terapis Bekam Indonesia. 14 Maret 2013

Agromedia, Redaksi. Buku Pintar Budi Daya Tanaman Buah Unggul Indonesia. Jakarta: AgroMedia Pustaka, 2009.

Ashari, Sumeru. Biologi Reproduksi Tanaman Buah-Buahan Komersial. Malang: Bayumedia, 2004

Cakrawati, Dewi. Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan. Bandung: CV Alfabeta, 2012.

Dalimartha. Setiawan. Khasiat Buah dan Sayur. Jakarta: Penebar Swadaya, 2011.

Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2003.

Irwanto. Psikologi Umum Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: Gramedia, 1989.

Fatimah, Enung. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia, 2008.

Fitriatmaja, Ade Ayu. “14 Buah Asli Indonesia dan Manfaat Kesehatan.” Forum tdwclub. 2012. vBulletin Solutions. 19 Februari 2013.

Hakimah, Indy Ainun. 81 Macam Buah Berkhasiat Istimewa. Yogyakarta : IN AzNa Books, 2012.

Haryadi, J. Tahukah Anda? Fakta Buah & Sayur yang Berbahaya. Jakarta: Dunia Sehat, 2013.

Hidayat, Atep Afia. “Buah Lokal dan Nasionalisme Kita.” 2012. 2 Februari 2013.

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti, 2009.

L.Kana, Nico. (2006). Governance Bencana: Renai Kajian Politik Lokal Dan Sosial Humaniora. Jakarta: Pustaka Percik. Retrieved 2006, from http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/6206218231_1411-7924.pdf

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 4th ed. Pusat Bahasa. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Mulyatno, Kris Cahyo. “Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Rambutan.” Center of Excellence on Health and Medicine. 2012. Institute of Tropical Disease Airlangga University. 14 Maret 2013.

Network, Cosa Aranda. “Khasiat Buah dan Sayuran untuk Kesehatan Tubuh” Khasiat Buah dan Sayuran. 2012. Cosa Aranda Network (CAN). 15 Maret 2013.

Russel, J. Thomas. Tata Cara Periklanan Kleppner. Jakarta: Elek Media Komputindo. 1992.

Safanayong, Yongky. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Intermedia, 2006

Sagarmatha, Sitong. “Buah Impor Vs Buah Lokal.” Kompasiana. 2012. Kompas Cyber Media. 31 Januari 2013. .

Setyanti, Christina Andhika. “Kenapa Buah Lokal Lebih Bergizi?” Female. 2012. Kompas. 2 Februari 2013.

Sudiyarto. “Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Buah Impor di Kota Surabaya.” Perilaku Konsumen. 2012. 21 Maret 2013.

Sukma, Isnandar Adi. “Khasiat Buah Duku.” Khasiat Buah Untuk Kesehatan. 2013. 14 Maret 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.