Perancangan Buku Ilustrasi Fashion Korea untuk Anak Muda di Surabaya
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Fashion adalah suatu bagian dari manusia sehari-hari yang tidak terpisahkan. Tren fashion tidak pernah redup dan menjadi acuan bagi lahirnya jenis-jenis fashion di dunia seperti halnya fashion Korea yang pada saat ini memang sangat populer di kalangan masyarakat muda. Fashion Korea ini muncul setelah munculnya fenomena K-Pop atau Korean Wave. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan budaya Korea Selatan khususnya fashion Korea di Surabaya. Masyarakat masih belum terlalu mengenal dengan jelas seperti apakah fashion Korea tersebut dan apakah yang membedakan fashion ini dengan fashion pada umumnya. Hasil perancangan ini adalah buku ilustrasi non-fiksi yang di dalamnya mengangkat fashion Korea yang memberikan informasi tentang bagaiman berdandan dan berpakaian ala Korea. Buku ini dapat dijadikan buku panduan yang baik untuk menambah wawasan kepada masyarakat yang lebih ingin mengenal tentang fashion Korea. Selain itu dihasilkan media pendukung lainnya yang berfungsi sebagai reminder.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barnard, Malcolm. (2007). Fashion sebagai komunikasi. Jogja: Jalasutra.
BiteBrands. (2010). Grid: Menciptakan Komposisi Desain. Diunduh 1 Mei 2013 dari http://bitebrands.blogspot.com/2010/04/semua-berawal-dari-grid.html
Chaney, David. (2008). Lifestyle. Jogja: Jalasutra.
Farrar, Lara. (2010) ’Korean Wave’ of pop culture sweeps across Asia. CNN. Turner Broadcasting System, Inc. Diunduh 20 Februari 2013 dari http://edition.cnn.com/2010/WORLD/asiapcf/12/31/korea.entertainment/index.html?iref=NS1
Hart, Dennis. (2003). From Tradition to Consumption: Constructing a Capitalist Culture in South Korea. Seoul: Author.
Hastuti, A, S. Pudjiastuti & P. Suptandar. (1999). Teori Dasar Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.
Linanda, Hendra. (2004). Perancangan Komunikasi Visual Buku Cerita Bergambar mengenai Haute Couture”. Tugas Akhir Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Pikoli, Alfian Putra. (2013). Korean Wave: Transendensi Kebudayaan Korea dan Industrialisasi Budaya. Diunduh 20 Februari 2013 dari http://voice-of-alf.blogspot.com/2013/01/korean-wave-transendensi-kebudayaan.html
Wirapesada, Raisha. (2010). Perancangan Komunikasi Visual Buku Fashion Untuk Remaja ‘Fashion in You’”. Tugas Akhir Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.