Perancangan Iklan Layanan Masyarakat tentang Bahaya Gadget bagi Balita
(1) DKV UK PETRA
(2) DKV UK PETRA
(3) DKV UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Perancangan iklan layanan masyarakat ini dibuat untuk membangun awareness di benak orangtua mengenai dampak negatif penggunaan gadget bagi balita. Tahun-tahun pertama kehidupan anak merupakan masa golden age, yang merupakan emas untuk seluruh aspek perkembangan anak dan periode yang berperan dalam menentukan kualitas dirinya di kemudian hari. Namun di era yang modern ini, banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anaknya yang masih berusia balita karena gadget dapat menjadi “digital babysitter” di tengah kesibukan orang tua. Apabila peran orang tua digantikan oleh gadget yang merupakan suatu mesin rancangan, maka perkembangan anak akan terganggu dan kemungkinan anak akan kecanduan gadget meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara dan observasi untuk menemukan data yang relevan untuk dianalisis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2015). Kamus besar bahasa Indonesia
online. Retrieved December 26, 2018, from
https://kbbi.web.id
Antara. (2018, January 23). Candu gadget ancam
tumbuh kembang anak, simak
penjelasan psikolog. Retrieved February 18, 2018, from https://gaya.tempo.co/read/1053253/candu-gadget-ancam-tumbuh-kembang-anak-simak-penjelasan-psikolog
Badwilan, R. A. (2004). Rahasia dibalik handphone.
Jakarta : Darul Falah.
Clare, A. (2016). Communication and interaction on
the Early Years. London: Sage Publikations.
Gunarsa, SD. (2012). Dasar dan Teori
perkembangan anak. Jakarta: Libri.
Guntoro, H. (2018, February 8). Ini pesan presiden
Jokowi tentang penggunaan gawai pada
anak. Retrieved February 9, 2018, from
https://infonawacita.com/ini-pesan-presiden-jokowi-tentang-penggunaan-gawai-pada-anak/
Hakim, B. (2006). Lanturan tapi relevan.
Yogayakarta: Galangpress.
________ (2007). Ngobrolin iklan, yuk. Yogyakarta:
Galangpress.
Irawan, J & Armayati, L. (2013). Pengaruh kegunaan
gadget terhadap kemampuan bersosialisasi
pada remaja. An-Nafs, Vol.08 (02), 29-38. Retrieved from http://jurnal.uir.ac.id/index.php/JAN/article/viewFile/422/359
Jonathan S, V. (2015). Perancangan board game
mengenai bahaya radiasi gadget terhadap
anak. (TA No. 00022782/DKV/2015). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan konsep dan
aplikasinya di Indonesia.
Jakarta: PT. Pustaa Utama Grafiti.
Middlebrook, H. (2016, October 21). New screen time
rules for kids, by doctors.
Retrieved January 30, 2018, fromhttps://edition.cnn.com/2016/10/21
/health/screen-time-media-rules-children-aap/index.html
Oliver, S. (2007). Strategi publik relations, Jakarta:
Erlangga.
Prasetio, A. (2012). Smart guide: Jualan online.
Jakarta: Mediakita.
Pratista, H. (2017). Memahami film. Yogyakarta:
Montase Press.
Republik Indonesia, (2002). Undang-undang no.32
tahun 2002 tentang
penyiaran. Sekretariat Negara, Jakarta.
Rohrs, J. K. (2014). Audiens: Marketing in the age of
subscribers, fans
& followers. New Jersey: John Wiley and
Sons, Inc.
Ruslan, R. (2007). Kiat dan strategi kampanye publik
relations. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Santoso,L. E. C. (2013). Perancangan kampanye
sosial bagi orang tua tentang
bahaya tablet PC bagi anak usia 2 tahun ke bawah. (TA No. 00022252/DKV/2013). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Retrieved February 1, 2018, from http://publikation.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/533/467
Santrock, J. W. (2012). Life-span development:
Perkembangan masa
hidup edisi ketigabelas jilid 1. (Benedictine Widyasinta, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Shareef, M. A., Dwivedi, Y. K, & Kumar, V. (2016).
Mobile marketing channel:
Online consumer behavior. Switzerland:
Springer.
Studio binder. (2016). How to Use Colour in Film:
+ Examples of Movie
Colour Palettes. Tersedia di : https://www.studiobinder.com/blog/how-to-use-colour-infilm-50-examples-of-movie-colourpalettes/?utm_content=buffer3924f&utm_medium=social&utm_source=facebook. com&utm_campaign=buffer
Suryowati, E. (2018, January 23). Baru dibuka 2 hari,
kpai sudah terima 10
laporan anak kecanduan gadget. Retrieved February 6, 2018, from
http://nasional.kompas.com/read/2018/01/23/13325071/baru-dibuka-2-hari-kpai-sudah-terima-10-laporan-anak-kecanduan-gadget
Suyanto, M. (2004). Aplikasi desain grafis untuk
periklanan. Yogyakarta:
Andi.
Teng, A. (2013, June 5). Kids using gadgets at earlier
age being exposed to
risks.Retrieved February 1, 2018, from http://www.straitstimes.com/
singapore/kids-using-gadgets-at-earlier-age-being-exposed-to-risks-study
Tim APJII. (2016). Buletin apjii edisi 05. Retrieved
January 30, 2018, from
https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI05November2016.pdf
Tubbs, S. L. & Moss, S. (2001). Human
communication: Konteks-konteks
komunikasi. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya.
Uce, L. (2015). The golden age: Masa efektif
merancang kualitas
anak. Retrieved January 30, 2018, from
https://jurnal.ar-raniry.ac.id
Velika, V. (2015). Perancangan iklan layanan
masyarakat penggunaan
gadget bijaksana pada anak usia 3-5 tahun di surabaya. (TA No. 00022698/ DKV/ 2015).Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Wibowo, Fred. (2007). Teknik produksi iklan televisi.
Yogyakarta: Pinus.
Widyatama, R. (2007). Pengantar periklanan.
Yogyakarta: Pustaka Book
Publisher
Refbacks
- There are currently no refbacks.