Perancangan Strategi Komunikasi “Komunitas Muda Mengajar” Balikpapan Melalui Instagram

Veranika Linardi Lie(1*), Cok Gde Raka Swendra(2), Hen Dian Yudani(3),


(1) Uk Petra
(2) Uk Petra
(3) Uk Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Muda Mengajar adalah komunitas non-profit yang bergerak mengenalkan bahasa inggris kepada anak SD yang tidak dapat mengenyam pendidikan bahasa inggris di sekolahnya. Sebagai sebuah komunitas non-profit, Komunitas Muda Mengajar kurang dapat mengkomunikasikan visi-misinya dengan tepat. Akibatnya pemahaman publik mengenai komunitas menjadi keliru. Akar permasalahan yang ditemukan pada Komunitas Muda Mengajar ini adalah strategi komunikasi yang kurang sesuai dengan visi misi komunitas muda mengajar. Untuk itu dilakukan perancangan dengan pendekatan kualitatif mengenai perancangan strategi komunikasi “Komunitas Muda Mengajar” Balikpapan melalui Instagram. Melalui penelitian ini, didapat strategi komunikasi Komunitas Muda Mengajar yang baru dengan memanfaatkan konten komunikasi media sosial Instagram.


Keywords


perancangan, strategi komunikasi, komunitas, instagram

Full Text:

PDF

References


Acar, A. (2014). Culture and Social Media: An Elementary Textbook. Cambridge Scholars Publishing: United Kingdom

Campbell, J. (2016, September). Steps to a Successful Nonprofit Social Media Strategy. Retrieved March 22, 2018, from https://www.thebalance.com/nonprofit-social-media-steps-2502531

Classy.org. (n.d.). The Big Social Media Guide for Nonprofits. Retrieved March 22, 2018 from https://go.classy.org/guide-social-media-for-nonprofits-blog

Dentsu. (n.d.). Buying Behavior Data, Models: Capturing Free Online and Offilne Movement of Consumers. Retrieved June 26, from http://www.dentsu.com/business/japan/promotions/buying_behavior.htm

Smith, Bucklin & Associates. (1994). The Complete Guide to Nonprofit Management. Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Loren, T. (June 4, 2018). The New Instagram Algorithm Has Arrived-Here’s Hot it Works. Retrieved June 26, 2018, from https://later.com/blog/instagram-algorithm-update/

Miles J.G., (2015). Instagram Power: Build Your Brand and ReachnMore Customers with the Power of Pictures. USA: McGraw-Hill Education

Muliani, A. (2017). Implementasi Strategi Online PR Tanamera Coffee dalam Membangun Brand Image. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang

Mulyono, D. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Memberikan Donasi Pada Rumah Zakat. (Unpublished doctoral thesis). Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia.

Pengertian dan Jenis-jenis Komunitas Menurut Ahli. (2017). Retrieved April 8, 2018, from https://comdev.binus.ac.id/pengertian-dan-jenis-jenis-komunitas-menurut-ahli/

Yudhianto. (2017, September 27). 132 Juta Pengguna Internet Indonesia, 40% Penggila Medsos. Detikcom. Retrieved February 12, 2018, from https://inet.detik.com/cyberlife


Refbacks

  • There are currently no refbacks.