Perancangan Buku Komik sebagai Media Informasi Mengenai Dampak Game Terhadap Perilaku Sosial Anak

Putri Hemas Miranda(1*), Heru Dwi Waluyanto(2), Aznar Zacky(3),


(1) DKV Petra
(2) DKV Petra
(3) DKV Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan jaman yang semakin maju membuat segala hal mudah diakses. Salah satu contohnya adalah perkembangan gawai. Didalam gawai terdapat media hiburan berupa aplikasi game. Game sangat disukai oleh anak-anak. Game dapat memberikan peran yang baik dalam mengembangkan diri anak-anak. Sayangnya, jika anak-anak memainkan game terlalu lama dapat memberikan dampak buruk seperti penyakit mata, tulang, ataupun kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Perancangan ini dibuat dengan tujuan untuk menyadarkan anak-anak dampak bermain game yang disajikan dengan visualisasi komik agar dapat lebih mudah memahami alur cerita dan permasalahan yang muncul.


Keywords


game; perancangan; komik; informasi

Full Text:

PDF

References


Alabn. Tanpa Tahun. 8 Langkah yang Dapat Kamu Contoh untuk Membuat Komik. Diambil dari: http://www.alabn.com/8-langkah-yang-dapat-kamu-contoh-untuk-membuat-komik/. Diakses 12 April 2018.

Albert, Aaron. 2017. How to Create a Comic Book. Diambil dari: https://www.thoughtco.com/process-of-creating-comic-books-804679. Diakses 12 April 2018.

Anindyaputri, Irene. 2017. Berapa Lama Sebaiknya Anak Bermain Video Game ?. Diambil dari: https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/membatasi-waktu-bermain-video-game-anak/. Diakses 29 Januari 2018.

Bonneff, Marcel. 1998. Komik Indonesia. Jakarta: KPG.

Dosen Psikologi. 2017. 20 Teori Perkembangan Anak Menurut Para Ahli. Diambil dari: https://dosenpsikologi.com/teori-perkembangan-anak-menurut-para-ahli. Diakses 5 Februari 2018.

Dwi, Hutomo. 2016. Penampakkan Komik Pertama di Dunia yang Penuh Sejarah. Diambil dari: https://jadiberita.com/91080/penampakan-komik-pertama-dunia-penuh-sejarah.html. Diakses 12 April 2018.

Eisner, Will. 1985. Comics & Sequential Art. Florida: Poorhuse Press.

Gunarsa, Dra. Ny. Y. Singgih D., dan Dr. Singgih D. Gunarsa. 1976. Psikologi Untuk Keluarga. Jakarta: P.T. BPK Gunung Mulia.

Gunarsa, Singgih D. 1982. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Handoyo, Eric Edgar. 2012. Perancangan Komik Pengetahuan Tentang di balik Kebesaran Majapahit. Surabaya: Universitas Ktisten Petra.

Hurst, Jane. 2015. 12 Types of Computer Games Every Gamer Should Know About. Diambil dari: https://thoughtcatalog.com/jane-hurst/2015/02/12-types-of-computer-games-every-gamer-should-know-about/. Diakses 12 April 2018.

Jogja, Hipnoterapi. Tanpa Tahun. Terapi Sederhana Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak. Diambil dari: http://tentremhipnoterapi.com/terapi-sederhana-untuk-mengatasi-kecanduan-game-online-pada-anak/. Diakses 28 Juni 2018.

Johnson, Jamal. 2017. The Amazing Stylistic History of Comic Books. Diambil dari: https://99designs.com/blog/design-history-movements/history-of-comic-book-styles/. Diakses 12 April 2018.

Kramer, Wolfgang. 2000. What is a Game?. Diambil dari: http://www.thegamesjournal.com/articles/WhatIsaGame.shtml. Diakses 12 April 2018.

Listiarini. 2014. Perancangan Komik Berlatar Belakang Kerajaan Majapahit untuk Menggugah Minat Remaja Terhadap Warisan Budaya Indonesia. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

LN., Prof. Dr. H. Syamsu Yusuf dan Dr. H. Achmad Juntika Nurihsan. 2007. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Macwilliams, Mark Wheeler. 2008. Japanese Visual Culture: Exploration in The World of Manga and Anime. New York: M. E. Sharpe, Inc.

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics: The Invisible Art. New York: HarperCollins Publisher, Inc.

Migotuwio, Namuro. Tanpa Tahun. Komik Indonesia. Diambil dari: https://www.academia.edu/6992644/Komik_Indonesia. Diakses 12 April 2018.

Mustajab, Ade. 2011. Jenis-jenis Komik. Diambil dari: https://pensilseni.wordpress.com/2011/07/22/jenis-jenis-komik/. Diakses 12 April 2018.

Online, Ummi. 2014. 8 Bahaya Anak Kecanduan Game. Diambil dari: http://www.ummi-online.com/8-bahaya-anak-kecanduan-game.html. Diakses 29 Januari 2018.

Popular, Kamus. 2014. Pengertian Game Menurut Para Ahli. Diambil dari: http://www.mandalamaya.com/pengertian-game-menurut-para-ahli/. Diakses 27 Januari 2018.

Prastya, Ilham. 2017. Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenis-Jenis Komik. Diambil dari: http://www.ayoksinau.com/pengertian-komik-menurut-para-ahli-ciri-ciri-komik-dan-jenis-jenis-komik-ayoksinau-com/. Diakses 12 April 2018.

Regina. Tanpa Tahun. Pengertian Menggambar Menurut Para Ahli. Diambil dari: https://ilmuseni.com/seni-rupa/mengambar/pengertian-menggambar. Diakses 12 April 2018.

Rimas. 2013. Jenis-Jenis Manga Jepang. Diambil dari: http://j-cul.com/jenis-jenis-manga-jepang/. Diakses 12 April 2018.

Septiadi, Nursyam. 2016. 14 Bahaya Kecanduan Bermain Game Bagi Anak &Pelajar (24 Cara Mengatasinya). Diambil dari: http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/07/bahaya-kecanduan-bermain-game-bagi-anak.html. Diakses 29 Januari 2018.

Smart, Aqila. 2014. Cara Cerdas Mencegah dan Mengatasi Anak Kecanduan Game. Yogyakarta: Aplus Books.

Thompson, George G. 1962. Child Psychology. Boston: Stelios M. Stelson Foundation Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.