Perancangan Kampanye Sosial Kuatku
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Seorang anak penderita kanker membutuhkan dukungan secara medis dan psikologis untuk dapat membantu proses pengobatannya. Sang anak harus merasa senang dan memiliki rasa dihargai yang tinggi untuk dapat bertahan melawan penyakitnya. Dalam prakteknya, masih banyak anak penderita kanker yang tidak mendapat bimbingan psikologis secara benar, baik dalam sisi akademik maupun kesehariannya, sehingga masih banyak ditemukan penurunan semangat hidup yang ada pada anak penderita kanker. Solusi yang dirancang ialah kampanye sosial. Melalui kampanye sosial, pesan dirancang melalui riset yang mendalam mengenai target audiens agar pesan secara efektif tersampaikan kepada target. Kampanye sosial Kuatku ini bekerjasama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia cabang Surabaya. Anak-anak penderita kanker diajak untuk berkisah tentang perjuangannya melawan kanker melalui sebuah media keramik yang pada akhirnya karya anak-anak akan dipamerkan di ruang publik. Melalui kampanye sosial Kuatku, anak-anak penderita kanker dapat merasa dihargai dan menjadi inspirator bagi teman-teman penderita kanker lainnya untuk tetap semangat dalam bertahan melawan kanker.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allen, Eileen K. & Lynn R Marotz. Profil
Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Indeks, 2010.
Bonds, Lilian Verner. The Compelete Book of Color
Healing. London: Godsfield Press, 2000.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Gautama, Nia. Keramik untuk Hobi dan Karir. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2011.
Herdata, Heru Noviat. (2008). Waspadai Kanker pada Anak. Diunduh 28 Maret 2018 dari http://ebookfkunsyiah wordpress. com/2008/ 09/12/waspadai-kanker-pada-anak/
Jorgens J. (2013). What makes a successful PSA
campaign?. PSA Research. Diunduh 9 Maret 2018,
dari http://www.psaresearch.com/bib4111.html.
Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus
G-Spot Konsumen. Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Kriyantono, Rachmat, PhD (2014) Sekilas Tentang
Perancanaan Kampanye. Universitas Brawijaya
Malang. Diunduh 8 Maret 2018, dari
http://rachmatkriyantono.lecture.ub.ac.id/files/2014/
/SEKILAS-TENTANG-PERENCANAAN
KAMPANYE-baru.pdf.
Levitt, Paul M. (1983) The Cancer Reference Book.
New York: Facts On File, Inc.
Malkin, Jain. (1992). Hospital Interior Architecture.
New York: John Willey & Sons, Inc.
Liliweri, Prof. Dr. Alo, M.S (2011). Komunikasi
Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media.
Maharani, Dian. (2015). Pentingnya Membuat Pasien Kanker Anak Merasa Senang. Jakarta: Kompas.
Ruslan, Rosady, S.H., M.M. (2007). Kampanye
Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyama, Kotaro and Tim Andree. (2011). The
Dentsu Way. Singapore: McGraw Hill.
Sukardja, I Dewa Gede. (2000).
Onkologi Klinik Edisi 2. Surabaya: Airlangga
University Press.
Suwardono. (2007). Mengenal Keramik Hias.
Bandung: Yrama Widya.
Tarigan, Ikarowina. (2006). Sehat dengan Terapi
Seni. Media Indoesia. Diunduh 8 April 2018 dari
http://www.mediaindonesia.com/media
hidupsehat/index.php/read/2009/06/06/1290/13/Seha
_dengan_Terapi_Seni
Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Wahyunin, Enjang. (30 Maret 2018) Perilaku Si Kecil
Berubah Tatkala Sakit. Tabloid Nova.
Pesan disampaikan dalam
http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=1040
Refbacks
- There are currently no refbacks.