PERANCANGAN KEMASAN DAN MEDIA PROMOSI KUE GANDJELREL KHAS KOTA SEMARANG

Natasha Chendra Purnomo(1*), I. G. N. Ardana(2), Cons Tri Handoko(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) ISI Denpasar
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kue Gandjelrel adalah salah satu kue khaskotaSemarang, yang merupakan resep warisan Belanda. Kue Gandjelrel memiliki potensi yang besar untuk menjadi salah satu pilihan/alternatif oleh-oleh khasSemarang. Gandjelrel Glory Semarang sebagai salah satu industri rumah tangga memerlukan perbaikan kemasan agar terlihat lebih menarik dan dapat bersaing dengan para pesaingnya. Kemasan bukan hanya berfungsi sebagai pembungkus namun kemasan juga dapat menambah citra dan nilai jual pada suatu produk agar lebih dikenal masyarakat. Oleh sebab itu perancangan tugas akhir ini dilakukan agar dapat membangun citra kue Gandjelrel sebagai salah satu pilihan/alternatif oleh-oleh khas Semarang. Perancangan ini meliputi re-desain kemasan lama menjadi sebuah kemasan baru serta menambahkan kemasan edisi khusus yaitu kemasan Idul Fitri, kemasan Natal, dan Kemasan Imlek. 


Keywords


Perancangan, Kemasan, Media Promosi, Kue Gandjelrel, Semarang

Full Text:

PDF

References


(Candra. “Makalah Analisa Pesaing”. ariacandra.blogspot.com. 2010. 06 Juni 2010. .

Cenadi, Christine. “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran”. Nirmana 2.1 (Januari 2000): 92-103.

Hahn, Fred et al. Do It Yourself Advertising & Promotion. USA : John Wiley & Sons, Inc., 2003.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 3. Jakarta : Balai Pustaka, 2002.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Mix. Bandung : PT. Mizan Pustaka, 2006.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 1996.

Kotler, Philip. Marketing 1. Jakarta : Penerbit Erlangga, 1987.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.