Perancangan Identitas Visual dan Sign System Objek Wisata Ladaya Tenggarong
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Ladaya atau Ladang Budaya merupakan objek wisata kontemporer yang menarik dan berpotensi menjadi destinasi pilihan wisatawan ketika berkunjung kekota Tenggarong. Potensi tersebut belum dikenal luas karena tidak didukung dengan pengelolaan identitas visual yang mampu membentuk awareness dan citra positif di mata para wisatawan. Di sisi lain penerapan sign system juga kurang diperhatikan oleh pihak Ladaya, sehingga menyulitkan wisatawan dalam berwisata. Perancangan ini menjadi solusi bagi permasalahan tersebut. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kajian pustaka. Analisis data menggunakan 5W + 1H. Konsep perancangan menonjolkan identitas Ladaya sebagai tempat wisata yang memperkenalkan alam dan budaya Kutai khas Kalimantan Timur.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bayahsud, Ahmad (2015, 28 Desember). Ladaya, Lokasi Liburan Keluarga Paling
Menyenangkan. Tribunkaltim.co. Retrieved November 05, 2017 from
menyenangkan>
Clifton, Rita. (2009). Brands and Branding, The Economist. London: Profile
Books Ltd.
Follis, John and Dave Hammer. (1979). Architectural Signing and Graphics.
London: Whitney Library of Design.
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online. (n.d.). Objek Wisata. Retrieved February
,2018, from < http://kbbi.kata.web.id/objek-wisata/ >
Kabupaten Kutai Kertanegara. (2017). Retrieved November 11,2017 from
http://www.kutaikartanegara.com/wisata/index.php?menu=
Biro_Perjalanan
Kusrianto, Adi. (2004). Tipografi Komputer untuk Desainer Grafis. Yogyakarta:
Penerbit Andi.
Kusrianto, Adi. (2007). Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: CV.
Andi Offset.
Maryani, Enok. (1991). Pengantar Geografi Pariwisata, Bandung: Jurusan
Pendidikan Geografi FPIPS IKIP.
Morioka, Adams & Terry Stones. (2008). Color Design Workbook: A Real-World
Guide to Using Color in Graphic Design. USA: Rockport Publishers.
Pollet, Dorothy and Peter C. Haskell. (1979). Sign System for Libraries: Solving
the Wayfinding Problem. New York & London: R.R Bowker Company
Pratama, Dhony. (2016). Ladaya – Ladang Budaya Tenggarong. Retrieved
November 05, 2017 from
tenggarong>
Rustan, Surianto. (2017). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sawa, B. B. (2014, June 3). Teori Tipografi Jenis Huruf Part 1. dumetschool.com.
Retrieved March 11, 2018, from
Universitas Kristen Petra
Tanuatmaja, Yunita. (2014). Perancangan Branding “Marilyn’s Cake” Surabaya.
Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra Surabaya, Indonesia. Vol
, No 4, Agustus, 2014. Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Tinarbuko, Sumbo. (2012). Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.
Wheeler, Alina. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to
Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John
Wiley & Sons, Inc.
Wheeler, Alina. (2013). Designing Brand Identity : An essential guide for the
whole branding team. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Widiartato, H. Y. (2017, November 29). Jokowi: Masyarakat Sekarang Belanja
Pengalaman, Bukan Barang. Kompas.com. Retrieved February 9, 2018,
from
/29/141613626/jokowimasyarakat-sekarang-belanja-pengalaman-bukanbarang
>
Refbacks
- There are currently no refbacks.