Perancangan Komunikasi Visual untuk Rebranding PT. Masko Megah Mulia Travelindo di Surabaya

Authors

  • Birgitta Amelia Wirjandjaja LPPM UK Petra
  • Hartono Karnadi LPPM UK Petra
  • Yusuf Hendra Yulianto LPPM UK Petra

Keywords:

Buku Panduan, Kuliner, Wisata, Tulungagung, Jawa Timur.

Abstract

Kehadiran agen perjalanan sangatlah membantu, karena agen perjalanan sebagai perantara dari penyedia jasa layanan transportasi kepada konsumen dan membuatnya banyak diminati oleh banyak orang dan berkembang dengan pesat. Pesatnya perkembangan biro perjalanan di Surabaya menimbulkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antar biro perjalanan dalam memperebutkan konsumen. PT. Masko Megah Mulia Travelindo adalah salah satu biro penyedia layanan jasa perjalanan di Surabaya. Biro perjalanan yang masih dalam tahap perkembangan ini telah melakukan berbagai promosi juga didukung dengan munculnya berbagai maskapai penerbangan murah dan pemberlakuan pembebasan fiskal di Indonesia namun tidak cukup hanya dengan mengandalkan nama baik, kualitas pelayanan, dan pelanggan tetap, penurunan penjualan tidak dapat dihindari karena munculnya sistem booking secara online. Di Surabaya sendiri, jarang biro perjalanan menggunakan penerapan strategi branding pada perusahaan mereka. Sehingga merupakan suatu keputusan yang tepat untuk melakukan penerapan strategi komunikasi visual untuk rebranding pada PT. Masko Megah Mulia Travelindo.

Author Biographies

Birgitta Amelia Wirjandjaja, LPPM UK Petra

Program Studi Desain KOmunikasi Visual

Hartono Karnadi, LPPM UK Petra

Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa,

Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Yusuf Hendra Yulianto, LPPM UK Petra

Program Studi Desain KOmunikasi Visual

References

Acuan dari buku:

Duncan, Tom. Principles of Advertising and IMC. (2005). Boston, MA: McGraw-Hill/Irwin.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT. Pustaka Utama Grafiti.

Pendit, Nyoman Suwandi. (1986). Ilmu Pariwisata : Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: Pradnya Paramita.

Yoeti, Oka A. (2008). Ekonomi Pariwisata Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Acuan dari jurnal:

Muzellec, Laurent, Manus Doogan, dan Mary Lambkin. (2003). Corporate Rebranding - An Exploratory Review - irish marketing review, 16 (2). Diunduh 16 Februari 2013 dari

Pertautan:

Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2012, Mei 7). Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur. Pesan disampaikan dalam <http://jatim.bps.go.id/index.php/pelayanan-statistik/brs-jawa-timur/brspdrb-jatim/174-pertumbuhan-ekonomi-jawa-timur-triwulan-i-tahun-2012-cto-c-mencapai-719-persen)>.

Tempo. (2011, September 1). Penjualan Tiket Pesawat di Agen Travel Menurun. Pesan disampaikan dalam http://www.tempo.co/read/news/2011/09/01/186354305/Penjualan-TiketPesawat-di-Agen-Travel-Menurun

Downloads

Published

2013-07-03

Issue

Section

Articles