PERANCANGAN BUKU CERITA FABEL YANG MENGAJARKAN TATA KRAMA UNTUK ANAK USIA 6 – 8 TAHUN
(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
baik dalam hal fisik seperti melatih bersosialisasi maupun psikis seperti berimajinasi. Selain itu, dongeng juga
dapat mempererat hubungan anak dengan orangtua dan mmemberikan moral yang baik yang berguna bagi masa
depan anak. Tujuan dari buku ini yaitu membuat buku cerita fabel yang memiliki fokus untuk mengajarkan anak
tentang moral tata krama yang mulai menurun di jaman yang modern ini. Buku ini juga dilengkapi dengan
aktivitas – aktivitas yang diselipkan di antara cerita.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajid. “Perancangan Situs Dongeng Binatang (Fabel)
Indonesia”. Skripsi. Unikom Elib. 2011. 3 Maret
op=read&id=jbptunikompp-gdl-ajidnim519-
&q=fabel>
“Arti Dongeng dan Jenis – Jenisnya”. Shvoong. 2011.
Maret 2013.
self-publishing/2103854-arti-dongengdan-
jenis-jenisnya/#ixzz2MwJD2ATt>
Burlingham, Cynthia. “Picturing Childhood”. 1997.
Februari 2013.
d/pictur.htm#anchor356882>
Danandjaja, James. Folklor Indonesia : Ilmu Gosip,
Dongeng, dan Lain – lain. Jakarta : Pustaka
Utama, 1994.
“Definisi Dongeng”. Scribd. 2010. 9 Maret 2013.
Dongeng>
“Fabel”. Neeming. 2012. 14 Desember 2012.
Gray, John. Children Are from Heaven. Jakarta : PT.
Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Hariyanto. “Pengertian Tata Krama”. Belajar
Psikologi. 2010. 9 Februari 2013.
Kartono, Kartini. Psikologi Anak. Bandung : CV.
Mandar Maju, 2007.
Kirsh, Steven J. Children, Adolescents, and Media
Violence: A Critical Look At The Research.
California: SAGE Publications, Inc, 2012.
Luke Wallin and Eva Sage Gordon. “Picture Books”.
Net Places. 26 Februari 2013.
types-of-childrens-books/picturebooks.
htm>
“Manfaat Cerita Fabel Bagi Pertumbuhan Anak”.
Anne Ahira. 7 Februari 2013.
Napitupulu, Ester Lince. “Minat Baca Indonesia
Masih Rendah”. Kompas Dot Com. 29 Februari
7 Februari 2013.
/Minat.Baca.Indonesia.Masih.Rendah>
Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta :
Ghalia Indonesia, 2003.
“Observasi (Pengamatan Langsung di Lapangan)”.
Klikbelajar. 2011. 9 Februari 2013.
langsung-di-lapangan/>
“Penelitian Deskriptif Kualitatif”. Anne Ahira. 16
Desember 2012.
kualitatif.htm>
“Pengertian Buku dan Sejarahnya”. Pemustaka.
8 Desember 2012.
sejarahnya.html>
“Prek Interactive Learning”. Children Now. 2007. 14
Desember 2012.
prek_interactive_learning_2007.pdf>
Santrock, John W. Adolescence: Perkembangan
Remaja. Jakarta : Erlangga, 2003.
Setyanti, Christina Andhika. “Agar Dongeng Lebih
Memikat Si Kecil”. Kompas Dot Com. 15 Mei
15 Februari 2013.
>
Sinde. “Analisis Teknik, Metode dan Ideologi
Penerjemahan Terhadap Buku Cerita
Bergambar Bilingual “Four Funny Animal
Stories””. Skripsi. Usu Repository. 2013. 17
Maret 2013.
/34967/4/Chapter%20II.pdf>
Suyono, Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pusat Bahasa Edisi 4. Jakarta : PT. Gramedia
Pustaka Utama, 2008.
Uno, Mien R. Buku Pintar Etiket untuk Remaja.
Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.
Widodo. “Masa Kanak – Kanak Adalah Masa Tanam
Yang Subur”. Tribun News Batam. 2012. 7
Februari 2013.
/08/29/masa-kanak-kanak-adalah-masa-tanamyang-
subur>
Refbacks
- There are currently no refbacks.