PERANCANGAN BUKU CERITA FABEL YANG MENGAJARKAN TATA KRAMA UNTUK ANAK USIA 6 – 8 TAHUN

Cynthia Dwiyanti Kusumohadi(1*), Obed Bima Wicandra(2), Abigail Aniendya Christianna(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Para pakar anak dan psikologi anak mengatakan bahwa mendongeng sangat baik untuk perkembangan anak,
baik dalam hal fisik seperti melatih bersosialisasi maupun psikis seperti berimajinasi. Selain itu, dongeng juga
dapat mempererat hubungan anak dengan orangtua dan mmemberikan moral yang baik yang berguna bagi masa
depan anak. Tujuan dari buku ini yaitu membuat buku cerita fabel yang memiliki fokus untuk mengajarkan anak
tentang moral tata krama yang mulai menurun di jaman yang modern ini. Buku ini juga dilengkapi dengan
aktivitas – aktivitas yang diselipkan di antara cerita.

Keywords


Buku Cerita, Fabel, Tata Krama, Binatang, Anak - Anak

Full Text:

PDF

References


Ajid. “Perancangan Situs Dongeng Binatang (Fabel)

Indonesia”. Skripsi. Unikom Elib. 2011. 3 Maret

op=read&id=jbptunikompp-gdl-ajidnim519-

&q=fabel>

“Arti Dongeng dan Jenis – Jenisnya”. Shvoong. 2011.

Maret 2013.

self-publishing/2103854-arti-dongengdan-

jenis-jenisnya/#ixzz2MwJD2ATt>

Burlingham, Cynthia. “Picturing Childhood”. 1997.

Februari 2013.

d/pictur.htm#anchor356882>

Danandjaja, James. Folklor Indonesia : Ilmu Gosip,

Dongeng, dan Lain – lain. Jakarta : Pustaka

Utama, 1994.

“Definisi Dongeng”. Scribd. 2010. 9 Maret 2013.

Dongeng>

“Fabel”. Neeming. 2012. 14 Desember 2012.

Gray, John. Children Are from Heaven. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Hariyanto. “Pengertian Tata Krama”. Belajar

Psikologi. 2010. 9 Februari 2013.

Kartono, Kartini. Psikologi Anak. Bandung : CV.

Mandar Maju, 2007.

Kirsh, Steven J. Children, Adolescents, and Media

Violence: A Critical Look At The Research.

California: SAGE Publications, Inc, 2012.

Luke Wallin and Eva Sage Gordon. “Picture Books”.

Net Places. 26 Februari 2013.

types-of-childrens-books/picturebooks.

htm>

“Manfaat Cerita Fabel Bagi Pertumbuhan Anak”.

Anne Ahira. 7 Februari 2013.

Napitupulu, Ester Lince. “Minat Baca Indonesia

Masih Rendah”. Kompas Dot Com. 29 Februari

7 Februari 2013.

/Minat.Baca.Indonesia.Masih.Rendah>

Nazir, Mohammad. Metode Penelitian. Jakarta :

Ghalia Indonesia, 2003.

“Observasi (Pengamatan Langsung di Lapangan)”.

Klikbelajar. 2011. 9 Februari 2013.

langsung-di-lapangan/>

“Penelitian Deskriptif Kualitatif”. Anne Ahira. 16

Desember 2012.

kualitatif.htm>

“Pengertian Buku dan Sejarahnya”. Pemustaka.

8 Desember 2012.

sejarahnya.html>

“Prek Interactive Learning”. Children Now. 2007. 14

Desember 2012.

prek_interactive_learning_2007.pdf>

Santrock, John W. Adolescence: Perkembangan

Remaja. Jakarta : Erlangga, 2003.

Setyanti, Christina Andhika. “Agar Dongeng Lebih

Memikat Si Kecil”. Kompas Dot Com. 15 Mei

15 Februari 2013.

>

Sinde. “Analisis Teknik, Metode dan Ideologi

Penerjemahan Terhadap Buku Cerita

Bergambar Bilingual “Four Funny Animal

Stories””. Skripsi. Usu Repository. 2013. 17

Maret 2013.

/34967/4/Chapter%20II.pdf>

Suyono, Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pusat Bahasa Edisi 4. Jakarta : PT. Gramedia

Pustaka Utama, 2008.

Uno, Mien R. Buku Pintar Etiket untuk Remaja.

Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Widodo. “Masa Kanak – Kanak Adalah Masa Tanam

Yang Subur”. Tribun News Batam. 2012. 7

Februari 2013.

/08/29/masa-kanak-kanak-adalah-masa-tanamyang-

subur>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.