PERANCANGAN DESAIN KEMASAN KERAJINAN DI “RIA BATIK” SOLO SEBAGAI CENDERAMATA KHAS DARI KOTA SOLO

Yoanita Chrisnawati(1*), Bedjo Riyanto(2), Elisabeth Christine Yuwono(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kerajinan Batik merupakan salah satu aset cenderamata yang khas dari Kota Solo, namun selama ini tidak ada kemasan yang baik yang dapat berfungsi untuk melindungi produk tersebut, padahal diantara produk-produk kerajinan tersebut banyak yang rentan ketika dibawa, terlebih produk-produk itu digunakan untuk cenderamata sehingga tak jarang ketika sampai di penerima menjadi kurang layak. Oleh karena itu perancangan ini diharapkan dapat memberikan alternatif kemasan yang baik untuk kerajinan batik sehingga dapat melindungi, menampilkan ciri khas Kota Solo, meningkatkan image masyarakat menjadi lebih tinggi terutama terhadap produk kerajinan di Ria Batik, dan diharapkan juga dapat mengedukasi masyarakat tentang batik yang selama ini jarang mereka ketahui.


Keywords


Kemasan, Perancangan, Kerajinan, Ria Batik, Cenderamata Khas, Kota Solo.

Full Text:

PDF

References


Americana Coorporation. 1971. Encyclopedia Americana. New York: Americana Coorporation.

Cenadi, Christine, Suharto. “Peran Desain Kemasan dalam dunia pemasaran”. Nirmana, 2.2 (Januari 2000), 23 Februari 2013 < http://puslit.petra.ac.id/journals/articles.php?PublishedID=DKV00020203>

Denison, Edward. Print Production Finishes for Packaging. Switzerland: RotoVision. 2008.

Gustami. Butir-butir Mutiara Estetika Timur. Yogyakarta: Prasista. 2007.

Kartajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1996.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Sandra A.Krasovec. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga. 2007.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, dan Pengendalian. Ed V. Jilid II. Trans. Herujati Purwoko dan Jaka Wasana. Jakarta: Erlangga. 1989. Trans. Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 1984.

Kusnadi. Peranan Seni Kerajinan (Tradisional dan Baru) dalam Pembangunan dalam Seni, edisi XVII. Yogyakarta: STST “ASRI”.

Nitisemito, Alex S. Marketing. Jakarta : Ghalia Indonesia. 1981.

Samsi, Sri Soedewi. Techniques, Motifs & Patterns Batik Yogja and Solo. Yogyakarta : Titian Foundation. 2011.

Serrats, Martha. Unique Packaging. New York: HarpersCollins. 2007.

Sugono, Dendy. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2008.

Tjahja, Ayrianna dan Hidayat Herlin. “Analisis Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen”. Telaah Manajemen, Vol.4 No.2 (November 2009), 23 Februari 2013.

“What is Packaging”. Majalah Concept 18.05 (2009) : 12-13.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual: Menang Bersaing melalui Kemasan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.