PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PULAU KEMBANG SEBAGAI TUJUAN PARIWISATA

Authors

  • Henry Christi Hartanto LPPM UK PETRA
  • A. J. Soehardjo LPPM UK PETRA
  • Budi Prasetyadi LPPM UK PETRA

Keywords:

Perancangan Edukasi Bergambar, tulisan Hanzi, Piktogram,

Abstract

Perancangan ini dilakukan untuk mempromosikan Taman Wisata Alam Pulau Kembang serta untuk meningkatkan citra Pulau Kembang sebagai tujuan wisata yang unik. Wisata hutan mangrove dan juga wisata sungai serta keberadaan kera-kera jinak penghuni kawasan ini membuat Pulau Kembang menjadi tempat yang tepat untuk mereka yang menginginkan wisata yang unik dan berbeda, namun keberadaan kawasan ini sendiri masih belum banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia karena kurangnya promosi yang dilakukan untuk memperkenalkan Pulau Kembang. Perancangan ini dibuat sedemikian rupa berdasarkan permasalahan yang muncul seputar Taman Wisata Alam Pulau Kembang dan berdasarkan berbagai sumber sebagai pedoman pencapaian tujuan perancangan.

Author Biographies

Henry Christi Hartanto, LPPM UK PETRA

Program Studi Desain Komunikasi Visual

A. J. Soehardjo, LPPM UK PETRA

Program Studi Desain Komunikasi Visual

Budi Prasetyadi, LPPM UK PETRA

Program Studi Desain Komunikasi Visual

References

Ahmad Salehudin.“Pulau Kembang di Kabupaten Barito Kuala”. 2008.n.p.10 January 2008

<http://www.wisatamelayu.com/id/tour/179-Pulau-Kembang-di-Kabupaten- Barito-Utara/navgeo>

Arifin Hutabarat.“Bekantan, Berjuang Melawan Kepunahan”. 2013. Harian Kompas. 23 January 2013

<http://travel.kompas.com/read/2013/01/24/1036467/Bekantan.Berjuang.Melawan.Kepunahan >

Bismarck, M., et al. Biologi Konservasi Bekantan. Jakarta : Pusat Penelitian dan

Pengembangan Hutan dan Konservasi Alam, 2009

Bharata, Addy Sukma. AYO BIKIN IKLAN! Memahami Teori & Praktek Iklan

Media Lini Bawah. Jakarta : Elex Media, 2010

Easemen, Leatrice. Pantone Guide To Communicating With Color. Grafix

Press,Ltd, 2000

Kesatria Sembiring. “Pengertian Promosi (Promotion) dan Tujuannya”. 2013. n.p.

25 June 2011

< http://id.shvoong.com/business-management/marketing/2178599-pengertian-promosi-promotion-dan-tujuannya/>

Raudatul Jannah, Antung. “Pengelolaan taman Wisata Alam Pulau Kembang,

Banjarmasin, Kalimantan Selatan”. Skripsi.Institut Pertanian Bogor. 2007.

Stafford ,Marla Royne, Ronald J. Faber. Advertising, Promotion, and New Media.

M.E. Sharpe, 2005

Steven Heller, Seymour Chwast. Graphic Style From Victorian to Post-Modern.

1994

"Taman Wisata Alam". Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan Dan Konservasi

Alam. Departemen Perhutanan, n.d. <http://ditjenphka.dephut.go.id/index.php/data-kawasan/kawasan-konservasi/taman-wisata-alam>

Triwin. “Angke kapuk, Alternatif Wisata Alam Warga jakarta dan Sekitarnya”.

2013.Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konvservasi dan Hutan Lindung. 3 May 2013

< http://ekowisata.org/angke-kapuk-alternatif-wisata-alam-warga-jakarta-dan-sekitarnya/>

Downloads

Published

2013-07-03

Issue

Section

Articles