Perancangan Desain Kemasan Kerupuk ”Mekar Sari” Sidoarjo

Ariel Tanadhy(1*), A. J. Soehardjo(2), budi prasetyadi(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


”Mekar Sari” merupakan perusahaan kerupuk yang berdiri kurang lebih 25 tahun. Semakin banyaknya persaingan pasar, membuat suatu perusahaan harus melakukan suatu inovasi. Maka dari itu dibuatlah varian kemasan produk ”Mekar Sari” ini karena selama ini perusahaan ini hanya menjual produk dengan kemasan 5kg saja. Tujuan dari perancangan ini membuat suatu varian kemasan yang inovatif dan menarik perhatian konsumen serta sesuai karekteristik produk. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dengan menggali kebutuhan konsumen. Dengan dibuatnya varian ini diharapkan mampu menaikkan pendapatan dan citra perusahaan dan mempu bersaing dengan kompetitor lain.


Keywords


Perancangan, Kemasan, Kerupuk, Mekar Sari, Sidoarjo

Full Text:

PDF

References


Danger, EP.Memilih Warna Kemasan. Jakarta. PT. Pustaka Binaman Pressindo. 1992.

Pirous, Ad. Desain Grafis Pada Kemasan. Yogyakarta. Cakram Komunikasi. 2007.

Bhakti, Bambang.Merk dan Kemasan. Jakarta. Cakram Komunikasi. 2001.

Wirya, Irawan. Kemasan yang Menjual. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. 1999.

DR. Dudy Wiyancoko. Desain Kemasan Menentukan Nilai Produk. Staf Pengajar Desain Produk Industri, ITB. 2009.

‘Kemasan Kertas’.Kemasan Karton dalam Industri pangan (1990).26 Januari 2012.

‘Kemasan Plastik’. Kemasan Plastik dalam Industri pangan (1990).26 Januari 2012.

‘Kemasan Kayu’. Kemasan Kayu (2000). 10 Mei 2010

‘Penjelasan arti warna dan psikologi warna’.Penjelasan arti warna dan psikologi warna (2002). 23 Desember 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.