Perancangan Media Edukasi Interaktif Permainan Dakon

novita Chandra Tjeng(1*), A. J. Soehardjo(2), budi prasetyadi(3),


(1) LPPM Uk Petra
(2) LPPM Uk Petra
(3) LPPM Uk Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya, tetapi seiring kemajuan jaman, budaya - budaya ini sudah mulai terlupakan. Salah satu bentuknya adalah permainan tradisional Dakon. Di dalam Dakon terkandung banyak filosofi kehidupan yang baik disampaikan pada anak. Dan Tujuan dari perancangan ini adalah penulis ingin memperkenalkan kembali pada anak tentang permainan tradisional Dakon yang dimodifikasi guna menyampaikan dampak umum dan khusus yang terkandung dalam filosofi Dakon.


Keywords


Permainan, edukasi, Interaktif, Dakon

References


Aprilianto, Toge. Saatnya Melatih Anakku Berpikir.

Surabaya: Brilian internasional, 2010

Asmani, Jamal Ma’mur. Manajemen Strategis

Pendidikan Anak Usia Dini. jogjakarta: DIVA Press, 2009

Baraja, Abu Bakar. Mendidik Anak dengan Teladan.

Jakarta: studia press, 2006.

Dananjaya, Utomo. Media Pembelajaran Aktif.

Bandung: Nuansa, 2010.

Enggar. “permainan tradisional sebagai alternatif

media pembelajaran”. 2011.

maret 2013.

/13/permainan- tradisional-sebagai-alternatif-dalam-pembelajaran/ >

Permainan Rakyat. 2010. 15 maret 2013.Blog Spot.

< http://permainanrakyat.blogspot.com/ >

Permainan Tradisional yang Dilupakan. 2012.

Akastus portal Game Online. 16 Maret 2013.

Pramono, Titin S. Permainan Asyik Bikin Anak

Pintar. Yogyakarta: IN Azna Books, 2012.

Sahabat Nestle. “Belajar mengelola Uang Dimulai

Dari Rumah”. 2012. 15 Maret 2013.

parenting/dunia/belajar- mengelola-uang-

dimulai-dari-rumah >

Setyanti, Christina Andhika. “ 4 Cara Mengajarkan

Anak Beramal ”. Female Kompas. 2012.15 maret 2013.

Suryadi. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia

Dini. Jakarta: EDSA Mahkota, 2007.

Syaiful, Sagala. Konsep dan Makna Pembelajaran.

Bandung: alfabeta, 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.