Perancangan Desain Kemasan Produk Loenpia Nyonya Giok

Giovanny Christanti(1*), Listia Natadjaja(2), Mendy H. Malkisedek(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Loenpia Nyonya Giok merupakan produsen jajanan tradisional dengan makanan khas berupa loenpia yang berdiri sejak tahun 2003. Produk-produk yang dijual oleh Loenpia Nyonya Giok adalah loenpia basah, loenpia goreng, risoles ayam, risoles mayonais, kroket ayam, dan sosis solo. Perancangan ini menjawab berbagai permasalahan yang ditemukan dalam kemasan Loenpia Nyonya Giok, yang kurang sesuai dengan positioning Loenpia Nyonya Giok, yaitu higienis dan berkualitas. Oleh karena itu, dalam perancangan ini akan dibuat sebuah kemasan yang praktis baik untuk dibawa maupun untuk memudahkan konsumsi produk didalamnya, higienis, berkualitas, dan cocok untuk oleh-oleh. Perancangan ini menggunakan metode penelitan wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan, dan internet, selain itu akan digunakan metode analisis SWOT dan VIEW.

Keywords


Desain Kemasan, Kemasan Higienis dan Berkualitas, Loenpia Nyonya Giok

Full Text:

PDF

References


Aditama, T. M. (2003, Agustus 17). Pemilihan Warna Logo dan Kemasan menurut Psikologi. Retrieved from mebiso.com: http://mebiso.com/pemilihan-warna-untuk-logo-dan-kemasan-bisnis-anda-menurut-psikologi/

Akabogu, O. C. (2013). Application of the "VIEW" Concept of Packaging in Evaluation of Promotional Effectiveness. Bussiness Management Dynamics Vol. 3, No.1, 47-57.

Cenadi, S. C. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. NIRMANA 2(1), 92-103.

Giok, T. S. (2017). Loenpia Nyonya Giok. (G. Christanti, Pewawancara)

Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2007). Desain Kemasan : Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (12th ed), cet. ke 3. Jakarta: PT Indeks.

Nitisemito, A. S. (1986). Marketing. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Organisasi.org. (2011). Arti, Pengertian, Penjelasan dan Daftar Sembako (Sembilan Bahan Pokok). Diunduh dari organisasi.org: http://www.organisasi.org/1970/01/arti-pengertian-penjelasan-dan-daftar-sembako-sembilan-bahan-pokok.html

What is Packaging? (2007). Concept 3.18, 13.

Wirya, I. (1999). Kemasan yang Menjual, Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.