Perancangan Media Interaktif Pengenalan Area Publik Untuk Anak-anak Penyandang Disabilitas Tunanetra Usia 4-6 Tahun
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Media cetak dapat menjadi salah satu media untuk melatih sensori anak tuna netra. Minimnya media cetak yang beredar membuat anak tuna netra kesulitan untuk mendapatkan media belajar yang sesuai. Sehingga sekolah anak berkebutuhan khusus seringkali membuat sendiri buku, salah satu wujud dari media cetak, yang dicetak braille. Setelah dilakukan analisis menggunakan metode 5W+1H, maka solusinya adalah membuat perancangan media interaktif pengenalan area publikĀ berwujud buku yang dilengkapi dengan tulisan braille, visual bertekstur, dan dilengkapi audio untuk menjawab permasalahan diatas. Media buku pengenalan ini dapat digunakan untuk melatih sensori dan daya dengar anak tuna netra, sehingga kedepannya anak tuna netra dapat lebih maksimal dan peka dalam menggunakan inderanya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gimawati, N. (2016) Apa dan Bagaimana Media Pembelajaran Yang Cocok Untuk Anak Tuna Netra
Gutex, G. L. (2015) Metode Montessori (Vol. III). Jakarta: Pustaka Pelajar
Ivanawati, S. & Kurnia, K. (2017) Bagaimana Kegiatan Belajar Mengajar Anak Tunanetra
Martini. (2006). Golden Age for Children
Pranata, M. (2004). Menuju Pembelajaran Berbasis Kompetensi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.