Perancangan Redesain Sign System Universitas Kristen Petra Surabaya
(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Universitas Kristen Petra Surabaya adalah salah satu Universitas Kristen swasta terkemuka di Surabaya. Universitas Kristen Petra ini sudah cukup dikenal masyarakat sekitar karena kualitasnya. Tetapi Universitas ini kurang memperhatikan branding dari Universitas tersebut. Sehingga salah satu unsur branding, yaitu sign system, kurang diperhatikan. Hasilnya adalah terjadinya kesulitan dalam wayfinding. Sehingga banyak orang yang kesulitan dalam mencari ruangan dalam Universitas ini. Hal ini berakibat menurunnya kualitas pelayanan di Universitas Kristen ini. Penelitian ini berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan di atas, melalui redesain dengan berbagai pertimbangan desain sesuai dengan image dan branding dari Universitas ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
http://ilovetypography.com/2008/05/30/a-brief-history-of-type-part-4/. (2013, April 4). Dipetik April 4, 2013
http://pmk-online.petra.ac.id/SekilasUKP/tabid/55/Default.aspx. (2013, maret 13). Dipetik Maret 13, 2013
http://www.artikata.com/arti-336712-kuesioner.html. (2013, Februari 21). Dipetik Februari 21, 2013
http://www.petra.ac.id/informasi-untuk-mahasiswa/program-akademik. (2013, Februari 10). Dipetik Februari 10, 2013
Abdullah, R., & Roger Hubner. (2006). Pictograms,Icon & Signs : A Guide to Information Graphics. Singapore: Tames and Hudson.
Agus Dwi Hariyanto, S. M., Gunawan Tanuwidjaja, ST., M.Sc., & Rebecca Milka Natalia Basuki, S.Sn. (2010-2011). Evaluasi Sistem Wayfinding dan Orientasi di Gedung Universitas Kristen Petra.
Follis, J., & Hammer, D. (1979). Architectural Signing and Graphic. New York: Whitney Library of Design.
FontShop. (2010). Meet your Type : a Field Guide to Love & Typography. FontShop.
(2004). Dalam K. W. Griffin, Building Type Basic for Transit facilities (hal. 227-250). New Jersey: John Wiley & Son, Inc.
lubnamelia. (2013, 2 20). http://mjeducation.co/profil-universitas-kristen-petra-surabaya/. Dipetik 2013 20, 2013
Lupton, E. (2010). Thinking with Type . New York: Princeton Architectural Press.
(2005). Dalam Mulyana, Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Passini, P. A. (1992). Wayfinding:People,Signs, and Architecture. Ontario: McGraw - Hill Ryerson Ltd. Reissued as a collector 's edition in 2002 by Focus Strategic Communications, Inc.
Passini, R. (1984). Wayfinding in Architecture, Environmental Design Series volume 4. New York: Van Nostrand Reinhold Company.
Petra, U. K. (2013, February 20). http://www.petra.ac.id/tentang-ukpetra/sejarah/yayasan. Dipetik February 20, 2013
Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana ( Dasar-Dasar Seni dan desain). Yogyakarta: Jalasutra.
Wenzel, P. (2004). Signage Planning Manua. Huenstetten: Lulu.
Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Jakarta: Red and White Publishing.
Refbacks
- There are currently no refbacks.