Perancangan Redesain Sign System Universitas Kristen Petra Surabaya

Marvin Ade Santoso(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Universitas Kristen Petra Surabaya adalah salah satu Universitas Kristen swasta terkemuka di Surabaya. Universitas Kristen Petra ini sudah cukup dikenal masyarakat sekitar karena kualitasnya. Tetapi Universitas ini kurang memperhatikan branding dari Universitas tersebut. Sehingga salah satu unsur branding, yaitu sign system, kurang diperhatikan. Hasilnya adalah terjadinya kesulitan dalam wayfinding. Sehingga banyak orang yang kesulitan dalam mencari ruangan dalam Universitas ini. Hal ini berakibat menurunnya kualitas pelayanan di Universitas Kristen ini. Penelitian ini berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan di atas, melalui redesain dengan berbagai pertimbangan desain sesuai dengan image dan branding dari Universitas ini.     


Keywords


Sign System, Branding, Universitas.

Full Text:

PDF

References


http://ilovetypography.com/2008/05/30/a-brief-history-of-type-part-4/. (2013, April 4). Dipetik April 4, 2013

http://pmk-online.petra.ac.id/SekilasUKP/tabid/55/Default.aspx. (2013, maret 13). Dipetik Maret 13, 2013

http://www.artikata.com/arti-336712-kuesioner.html. (2013, Februari 21). Dipetik Februari 21, 2013

http://www.petra.ac.id/informasi-untuk-mahasiswa/program-akademik. (2013, Februari 10). Dipetik Februari 10, 2013

Abdullah, R., & Roger Hubner. (2006). Pictograms,Icon & Signs : A Guide to Information Graphics. Singapore: Tames and Hudson.

Agus Dwi Hariyanto, S. M., Gunawan Tanuwidjaja, ST., M.Sc., & Rebecca Milka Natalia Basuki, S.Sn. (2010-2011). Evaluasi Sistem Wayfinding dan Orientasi di Gedung Universitas Kristen Petra.

Follis, J., & Hammer, D. (1979). Architectural Signing and Graphic. New York: Whitney Library of Design.

FontShop. (2010). Meet your Type : a Field Guide to Love & Typography. FontShop.

(2004). Dalam K. W. Griffin, Building Type Basic for Transit facilities (hal. 227-250). New Jersey: John Wiley & Son, Inc.

lubnamelia. (2013, 2 20). http://mjeducation.co/profil-universitas-kristen-petra-surabaya/. Dipetik 2013 20, 2013

Lupton, E. (2010). Thinking with Type . New York: Princeton Architectural Press.

(2005). Dalam Mulyana, Kajian Wacana: Teori, Metode, dan Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Passini, P. A. (1992). Wayfinding:People,Signs, and Architecture. Ontario: McGraw - Hill Ryerson Ltd. Reissued as a collector 's edition in 2002 by Focus Strategic Communications, Inc.

Passini, R. (1984). Wayfinding in Architecture, Environmental Design Series volume 4. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Petra, U. K. (2013, February 20). http://www.petra.ac.id/tentang-ukpetra/sejarah/yayasan. Dipetik February 20, 2013

Sanyoto, S. E. (2009). Nirmana ( Dasar-Dasar Seni dan desain). Yogyakarta: Jalasutra.

Wenzel, P. (2004). Signage Planning Manua. Huenstetten: Lulu.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Jakarta: Red and White Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.