PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL TENTANG PENGGUNAAN LAJUR BERSEPEDA DI KOTA SURABAYA

Cathleen Andrea Indrawan(1*), Bramantijo Bramantijo(2), Ryan Pratama Sutanto(3),


(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(3) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Bersepeda sudah menjadi tren hidup sebagian masyarakat di dunia.  Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia juga ikut berperan dalam penyediaan fasilitas lajur sepeda bagi pesepeda yang tujuannya untuk melindungi pesepeda dan menambah komunitas-komunitas pesepeda.  Namun tampaknya kegunaan dari fasilitas ini kurang optimal akibat masih kurangnya pengenalan masyarakat kota Surabaya terhadap fasilitas ini, sehingga menimbulkan berbagai macam pelanggaran dalam berlalu lintas.  Dalam kampanye sosial ini, digunakan pendekatan persuasif informatif yang mengarahkan masyarakat kota Surabaya untuk mendahulukan dan menghargai pesepeda menggunakan lajur sepeda agar bisa mengoptimalkan kegunaan dari fasilitas lajur sepeda itu sendiri.

 


Keywords


Lajur Sepeda, Kampanye Sosial, Kota Surabaya

Full Text:

PDF

References


Altstiel, Tom and Jean Grow. Advertising Creative. Sage Publication Inc: California, 2010.

Azwar, S. Metode Penelitian.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

“Banyak Orang bergabung dengan misi Indonesia bebas narkoba” Khabar Asia Tenggara. 29 April 2013. Okky David Feliantiar. 5 February 2013 .

Bittner, John R. Mass Communication : An Introduction 3rd edn. Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1983.

Clow and Baack. Integrated Advertising Promotion and Marketing Communication. Departemen Luar Negeri, Amerika Serikat, 2007.

“Kampanye Unik Stop Pakai Kantong Plastik di Solo” Yahoo! News Indonesia. 29 April 2013. Ukky Primartantyo dalam Tempo.co . 14 April 2013 .

Kasali, Rhenald. Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1999.

Moore, D.M. Visual Literacy : A Spectrum of Visual Learning. Englewood Cliffs, N.J.: Educational Technology Publication, Inc., 1994.

“Pemkot Surabaya tingkatkan intensitas Car Free Day” Lensa Indonesia.com. 17 January 2013.Ed: Andiono Hernawan. 19 March 2013 .

“Penjualan mobil di Indonesia kebal badai DP” Merdeka.com. 23 January 2013.Tim Merdeka. 19 March 2013 .

Reddi, C.V. Narasimha. Effective Public Relations and Media Strategy. New Delhi: PHI Learning Private Limited, 2009.

Rogers, E. M., & Storey, J. D. Communication Campaigns. In C. Berger & S. Chaffee (Eds.). Newbury Park, CA: Sage. 1987.

Santosa, Sigit. Advertising Guide book. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

“Sepeda” Kamus Bahasa Indonesia Online.2012. Diunduh 13 February 2013 dari http://kamusbahasaindonesia.org/sepeda

Venus, Antar. Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.

“12 reasons to start using a bicycle for transportation” Mother Nature Network. 2009. Lighter Footstep. 19 March 2013 .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.