Representasi Figur Orang Indonesia dalam Iklan Televisi Top Coffee
(1) LPPM UK Petra
(2) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Representasi figur orang Indonesia dalam iklan televisi Top Coffee membahas tampilan visual dari iklan televisi Top Coffee yang tidak sejalan dengan pesan verbalnya yang mengusung semangat nasionalisme. Hal ini dapat dilihat dari konstuksi budaya dan representasi figur orang Indonesia dalam iklan yang tampak sangat terobsesi dengan ideologi kebudayaan barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan semiotika dengan unit analisis dari kode-kode televisi John Fiske untuk membedah makna-makna yang tersembunyi di dalam iklan televisi Top Coffee. Untuk kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya dualisme pesan dalam iklan televisi Top Coffee yang mana mengkonstruksikan budaya Indonesia ke dalam dunia barat melalui sosok Iwan Fals, Nikita Willy, Samuel Zylgwyn, dan Anthonny sebagai brand ambassador dari iklan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allan, and Barbara Pease. 2004. The Definitive Book of Body Language How to Read Other’s Thought by Their Gestures. Australia: Pease International.
Fiske, John. 1987. Television Culture. London: Routhledge.
Lubis, Mochtar. 1981. Manusia Indonesia: Sebuah Pertanggung jawaban. Jakarta: Yayasan Indayu.
Mangunwijaya, YB. 1991. Pasca-Indonesia Pasca-Einstein Esai-Esai Tentang Kebudayaan Indonesia Abad Ke-21. Yogyakarta: Kanisius.
Moore-Gilbert, Bart. 2000. Postcolonial Theory: Contexs, Practices, Politics. London: Verso.
Morton, Stephen. 2008. Giyatri Spivak: Etika, Subaltern dan Kritik Penalaran Poskolonial. Trans. Wiwin Indiarti. Yogyakarta: Pararaton. Trans. Of Gayatri Spivak: Ethic, Subalternity and Critique on Poscolonial Reason.
Noviani, Ratna. 2002. Jalan Tengah Memahami Iklan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.