Perancangan Kampanye Sosial Bagi Orang Tua Tentang Pentingnya Anak Beretika di Media Digital
(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Media digital merupakan sahabat anak sejak kecil. Tak sulit bagi anak untuk menggunakan berbagai teknologi
media digital. Namun anak masih belum mampu mengerti sepenuhnya batasan dan etika penggunaannya. Peran
orang tua untuk mendidik etika bermedia digital kepada anak tidak dapat berjalan dengan baik. Bahkan membuat
anak semakin penasaran terhadap larangan yang diberikan oleh orang tuanya. Diperlukan sebuah solusi kreatif
untuk menyadarkan dan memberikan pemahaman tentang etika bermedia digital pada anak melalui perancangan
kampanye sosial “Celoteh Digital”. Kampanye ini mengajak orang tua untuk berceloteh asik sama anak
mengenal media digital tempat bermain anaknya, sehingga orang tua dapat menjaga etika penggunaannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bertens, K. (2013). Etika Edisi Revisi. Jakarta:
Kanisius.
Broto, G. S. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF
Mengenai Prilaku Anak dan Remaja Dalam
Menggunakan Internet. Retrieved November 10,
, from
https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Si
aran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2
+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Menge
nai+Perilaku+Anak+dan+Anak+Dalam+Menggunaka
n+Internet+/0/siaran_pers
Hurlock, E. (1997). Psikologi Perkembangan: Suatu
Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:
Erlangga.
Hurlock, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi
Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E. (2013). Perkembangan Anak Jilid 2 Edisi
Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, I.S. (2011). Kritik Budaya Komunikasi –
Budaya, Media, dan Gaya Hidup dalam Proses
Demokratisasi di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.
Jenkins, H. (2009). Confronting The Challenges of
Participatory Culture: Media Education for the 21st
Century. Illinois: MacArthur Foundation
Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting.
Bandung: Visi Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.