PERANCANGAN REBRANDING SEPATU BAYI RIER UNTUK PASAR EKONOMI KELAS MENENGAH

Rido Eka Putra(1*), Deddi Hartanto(2), Merry Sylvia(3),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Produk Rier pertama kali dibuat dengan meniru produk sepatu bayi yang sedang laku di pasar grosir. Lalu brand ini meneruskan pasarnya di pasar grosir. Namun, hingga bertahun-tahun main di pasar grosir, merek Rier masih tidak dikenali oleh konsumen. Ternyata hal tersebut terjadi karena insight para pembeli di pasar grosir hanya sekedar beli berbagai variasi model dan harga tanpa betul-betul peduli pada merek. Hal itu menimbulkan menurunnya penjualan saat ada merek asing yang lebih murah muncul di pasar grosir. Untuk itu dilakukan rebranding pada produk Rier. Rebranding dilakukan dengan cara upscaling, di mana perusahaan menciptakan merek baru dengan menyasar pasar yang lebih tinggi tanpa menghentikan produksi merek lama. Strategi ini tidak menimbulkan resiko jika peluncuran brand baru gagal, karena ada backup penjualan brand lama. Brand baru bernama Pabped, produknya mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai sepatu dan boneka jari. Promosi dilakukan dengan menggunakan media sosial, dengan menawarkan konsep kado dan media alternatif untuk mendongeng. Pemasaran dilakukan di toko bayi di Sidoarjo dan media sosial Instagram.


Keywords


rebranding, sepatu bayi, boneka, desain tahan lama.

Full Text:

PDF

References


Kartajaya, H., Yuswohadi, Mussry, J., Taufik. (2004). Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmentasi, Targeting, dan Positioning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta: Menembus G-spot Konsumen Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Kerin, R., Hartley, S., Rudelius, W. (2009). Marketing. New York: Paul Duncham.

Rangkuti, F. (1997). Analisis swot: teknik membedah kasus bisnis - reorientasi konsep perancangan strategis untuk menghadapi abad 21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2002). The Power of brands : teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan merek + analisis kasus dengan SPPS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2011). Font & Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2002). Aura Merk: 7 Langkah Membangun Merek Yang Kuat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Stone, P. (2001). Make Marketing Work For You: Boost your profits with proven marketing techniques. United Kingdom: How To Books.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.