Representasi Perempuan Pada Iklan Televisi Dancow Calcium Plus Versi More Than A Woman
(1) LPPM UK Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Iklan televisi Dancow Calcium Plus versi More Than A Woman menampilkan figur perempuan yang berbeda dari stereotipe masyarakat patriarkat. Figur perempuan pada iklan ini dapat melakukan berbagai aktivitas baik yang biasanya diidentikan dengan pekerjaan perempuan maupun laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode semiotika dan kode televisi John Fiske.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa representasi perempuan pada iklan ini cenderung bias gender modern, yaitu konstruksi sosial yang menempatkan perempuan sebagai sosok tradisional pada budaya modern, serta terdapat adanya pencampuran ideologi-ideologi tradisional dan modern pada masyarakat patriarkat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fiske, John. (1987). Television Culture. London : Routhledge.
Gardiner et al. (1996). Perempuan Indonesia: Dulu dan Kini. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Margana, Sri & M. Nursam. (2010). Kota-Kota di Jawa: Identitas, Gaya Hidup dan Permasalahan Sosial. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Megantar, Aditya. (2010). Perkembangan Sepak Bola Wanita. Diunduh 15 Mei 2013 dari
Widyatama, Rendra. (2006). Bias Gender dalam Iklan Televisi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.