PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF YANG DAPAT MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI (GOLDEN AGE, 2-5 TAHUN)

Jennifer Hardjawikarta(1*), Cok Gde Raka Swendra(2), Hen Dian Yudani(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan buku interaktif ini merupakan sebuah perancangan yang mengutamakan proses interaksi dari buku kepada anak- anak tetap dengan pendampingan dari orang dewasa terutama orang tua, terdiri dari aktivitas sederhana dengan konsep belajar sambil bermain/ belajar dengan melakukan yang melibatkan kesukaan dan kebiasaan anak serta memaksimalkan panca indera yang dimiliki anak. Dibuat sebagai media pembantu untuk perkembangan kreativitas anak usia dini tidak hanya dari tindakan saja tapi juga membentuk pola pikir yang kreatif (penyelesaian masalah) sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan nyata terutama untuk mempersiapkan masa depan anak.

Keywords


Perancangan, Buku interaktif, Kreativitas, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Day, Christopher. (2007). Environment and Children. Oxford : Elsevier

Sujiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2009 (107)

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Herawati, Fenna. (2012). Perancangan Media Interaktif Pembelajaran Aksara Jawa Bagi Anak Usia 9-12 Tahun.(TA No. 00022140/DKV/2012).

Muflikha, Elok Siti. “ Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Tutup Botol Hias di PAUD Kenanga I Kabupaten Pesisir Selatan.” Spektrum PLS Vol.I, No. 1 (April 2013)

Santrock, J.W. (2006). Life Span Development. Boston: McGrawHill Co.Inc

Munandar, S,C,U, 1999, Kreativitas dan Keberkatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Borkar Ryuta- Interactive Children’s Books.

Gardner, Howard. (1993). Multiple Intellegences: The Theory in Practice A Reader. New York: Basic Books

Duffy, B. (2006), Supporting Creativity and Imagination in the Early Years


Refbacks

  • There are currently no refbacks.