PERANCANGAN KAMPANYE IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BERHENTI BICARA KASAR UNTUK KALANGAN ANAK USIA 7-12 TAHUN

Anthony Chandra Gunawan(1*), Arief Agung Suwasono(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bicara kasar merupakan kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat terutama di kota Surabaya. Mereka pertama kali mengenal bicara kasar ketika mereka duduk di sekolah dasar. Budaya bicara kasar ini bisa membawa dampak negatif bagi diri mereka. Oleh karena itu diperlukan solusi untuk menangani masalah ini. Dibuatlah perancangan kampanye ILM yang bernama kan Sikantun (Sikap Kata Santun) yang mengajarkan anak sekolah dasar tentang pentingnya berbicara dan berperilaku santun sejak dini. Dengan mengajarkan manfaat yang mereka dapatkan ketika mereka berbicara dan berperilaku santun untuk diri mereka sendiri dan untuk masa depan mereka.


Keywords


Kampanye, Sikantun, Anak Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


"Anak suka berkata kotor". N.p Web.January, 18, 2013,.

Burton, Graeme. (2008). Media dan Budaya Populer. Yogyakarta : Jalasutra.

Fandy, Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran.

Yogyakarta: Andi.

Fiske, John Yosal Iriantara & Idi Subandi Ibrahim (2007). Culutural and Communication Studies. Yogyakarta : Jalasutra.

Hawadi, Reni Akbar. (2001). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Izzaty, Rita Eka (2008). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Kasali, Rhenald. (2007). Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

"Kebiasaan anak berkata kasar". N.p Web.Maret, 17, 2012,.

Khairani, Yuniar (2011). Membentuk Karakter

Anak: 60 Masalah Terkait Pembentukan Karakter Diri pada Anak Usia 3-7 tahun & Solusi-solusi Praktisnya , PT Gelar.

Nurgiyantoro, Burhan (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta. BPFE.

Prasetyo, (2000). Persiapan Mental Anak Dalam Keluarga, Semarang : FIP UNNES.

Pujiyanto (2013), Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta : Andi.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2006) Psikologi Remaja. Jakarta : Rajawali Pers.

Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga.

Suhandang, Kustadi (2005). Periklanan: Manajemen, Kiat dan Strategi. Bandung: Nuansa.

Sulaksana, Uyung. (2007). Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri. (2005). Model Pengembangan keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbut.

Venus, Antar, M.A (2010). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wicaksono, Nuradi (1996). Kampus Periklanan Indonesia. Jakarta.Gramedia Pustaka Utama.

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.

Winarno, Bondan. (2008). Rumah Iklan. Jakarta: Kompas.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.