PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL “BERMAIN VIDEO GAME ITU SEHAT DAN KREATIF” SEBAGAI KAMPANYE GAME PUMP IT UP UNTUK REMAJA

Agatha Gabriella Chandiwati(1*), Hartono Karnadi(2), Luri Renaningtyas(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Iklan layanan masyarakat ini berisi kampanye tentang mengajak remaja untuk mulai memperhatikan kesehatan tubuh mereka dengan cara bermain video game Pump It Up. Banyak anak remaja yang tidak memperhatikan kesehatan tubuh mereka, malas berolahraga dan lebih senang bermain video game. Sehingga melalui iklan layanan masyarakat ini diharapkan remaja mulai memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh mereka dengan cara berolahraga yang menyenangkan yaitu dengan mengajak mereka bermain Pump It Up.


Keywords


Iklan Layanan Masyarakat, Game, Olahraga, Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Cenzon, Matthew. (2012, Januari 4). 10 Dangers Of Video Gaming Addiction. Dikutip dari http://www.symptomfind.com/health/video-game-addiction/

Cenzon, Matthew. (2012, Juli 30). 10 Positive Effects Of Video Games. Dikutip dari http://www.symptomfind.com/health/positive-effects-of-video-games/

Cipasang, Yayat. (2009, Februari 1). Nonton TV, Remaja Kurang Gizi. Dikutip dari http://m.inilah.com/news/detail/80154/nonton-tv-remaja-kurang-gizi

Gentile, D. A., Lynch, P. J., Linder, J. R., & Walsh, D. A. (2004). The effects of violent video game habits on adolescent aggressive attitudes and behaviors. Journal of Adolescence, 27, 5-22.

Gentile, D. A., & Walsh, D. A. (2002). A normative study of family media habits. Journal of Applied Developmental Psychology, 23, 157–78.

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta : Erlangga.

Kasali, Rhenald. (1992). Manajemen Periklanan. Jakarta : Grafiti.

Larson, Charles U. (1992). Persuasion: Reception and Responsibility, California: Wardsworth Publishing Company.

Liliweri, Alo. (1992). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Lina, Nur. (2008). Faktor-faktor Risiko Kejadian Batu Saluran Kemih pada Laki-laki (Studi Kasus di RS Dr. Kariadi, RS Roemani dan RSI Sultan Agung Semarang). Semarang : Magister Epidemiologi, Universitas Diponegoro.

Rollings, Andrew and Ernest Adams. (2003). Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. United States of America : New Riders Publishing.

Rumanti, Maria A. (2005). Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Schell, Jesse. (2008). The Art of Game Design – a book of lenses. United States of America: Morgan Khaufann.

Swastha, Basu D.H. (2006). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Fakultas Ekonomi, Universitas Gajah Mada.

Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekaatam Media.

Wikipedia. (2016, Februari 26). Pump It Up (video game series). Dikutip dari https://en.wikipedia.org/wiki/Pump_It_Up_(video_game_series)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.